UPAYA ORANG TUA DALAM MENCEGAH PERILAKU AGRESI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di RT 03 / RW 02 Dusun Sokaraja I Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara)

Feroza, Nadia Pasya (2023) UPAYA ORANG TUA DALAM MENCEGAH PERILAKU AGRESI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di RT 03 / RW 02 Dusun Sokaraja I Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara). Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
1917101039_SKRIPSI_FEROZA NADIA P.pdf

Download (851kB) | Preview

Abstract

UPAYA ORANG TUA DALAM MENCEGAH PERILAKU AGRESI ANAK USIA DINI (Studi Kasus di RT 03 / RW 02 Dusun Sokaraja I Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara) Feroza Nadia Pasya NIM. 1917101039 Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Profesor Kiai Haji Saifuddin Zuhri Purwokerto ABSTRAK Anak usia 0 sampai 6 tahun berada dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang seharusnya mendapat perhatian khusus dari orang tua. Jika pemenuhan tersebut tidak terpenuhi maka perilaku agresi pada anak kerapkali terjadi. Perilaku agresi didefinisikan sebagai jenis luka fisik terhadap mahluk lain yang terjadi secara spontan dalam pikirannya. Perilaku agresi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah perilaku agresi verbal. Dalam penelitian ini membahas tentang peran orang tua dalam mencegah perilaku agresi anak di usia dini yang ada di Dusun Sokaraja. Ada beberapa cara pencegahan untuk mencegah anak berperilaku agresi yakni dengan pemberian edukasi moral, pemberian keteladanan, dan pemberian kasih sayang kepada anak. Adapun faktor yang mempengaruhi peran orang tua adalah status sosial, bentuk keluarga, dan model peran. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian ini ada tiga anak usia dini di Desa Sokaraja Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara. Metode pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara dan observasi. Untuk sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara yang dilakukan dengan subjek sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari jurnal, skripsi, dan artikel. Dalam penelitian ini menghasilkan peran orang tua pada pencegahan perilaku agresi anak usia dini berupa orang tua memberikan edukasi moral kepada anak, orang tua memberikan keteladanan kepada anak, dan orang tua memberikan kasih sayang kepada anak. Adapun faktor yang mempengaruhi peran orang tua adalah status sosial, bentuk keluarga, dan model peran. Kata Kunci: Anak Usia Dini, Perilaku Agresi, Peran Orang Tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Perilaku Agresi, Peran Orang Tua
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 158 Applied psychology > 158.3 Counseling and Interviewing
100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy)
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Depositing User: Feroza Nadia Pasya sdri
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:23
Last Modified: 31 Jan 2023 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/17803

Actions (login required)

View Item View Item