Manajemen Pembelajaran Dengan Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darul Abror Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas

Adi, Wijaya (2022) Manajemen Pembelajaran Dengan Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darul Abror Purwanegara Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, UIN Prof.K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Adi Wijaya-Manajemen Pembelajaran Dengan Metode Sorogan Di Pondok Pesantren Darul Abror Purwanega Kecamatan Purwokerto Utara Kabupaten Banyumas.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Manajemen pemebelajaran merupkan pengelolaan pembelajaran dalam proses menolong murid untuk mencapai tujuan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman terhadap apa yang telah digelutinya selama belajar. Dalam hal manajemen pembelajaran dikaji konsep strategi pembelajaran, dan gaya mengajar guru/ustadz akan menentukan keberhasilan dalam mencapai tujuan pengajaran. Manfaat proses manajemen pembelajaran sebagai aktifitas professional dalam menggunakan dan memelihara satuan progam pengajaran yang dilaksanakan. Sehingga dalam pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan efesien. Metode pembelajaran merupakan suatu cara yang dipergunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan peneltian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pengasuh pondok, ustad, pengurus, dan santri pondok pesantren Darul Abror. sedangkang objek penelitian ini adalah Manajemen Pembelajaran dengan Metode Sorogan di pondok pesantren Darul Abror Purwanegara, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas. Dalam mencari informasi penulis menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pembelajaran menggunakan metode sorogan, sorogan adalah belajar face to face dengan kiai/ustadz dimana para santri menunggu giliran untuk berguru dan bertatap muka satu persatu. Metode sorogan ini tetap digunakan di pondok pesantren Darul Abror dari dahulu hingga sekarang, karena mampu membantu santri memahami literatur atau kitab-kitab berbahasa arab yang berisi tentang hukum-hukum islam, fikih, aqidah, dan lainnya. Kata kunci: Manajemen Pembelajaran dan Metode Sorogan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran Dan Metode Sorogan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Adi Wijaya sdr
Date Deposited: 11 Oct 2022 03:23
Last Modified: 11 Oct 2022 03:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/16187

Actions (login required)

View Item View Item