IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus: Home Industry Sandal Bandol Kebanaran, Purwokerto Barat, Banyumas)

Nadya, Firizka (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA INSANI DALAM MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN (Studi Kasus: Home Industry Sandal Bandol Kebanaran, Purwokerto Barat, Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NADYA FIRIZKA (REVISI).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen merupakan aspek penting baik bagi perorangan maupun perusahaan, sehingga pengetahuan manajarial dibutuhkan secara personal maupun kelompok. Salah satu asepk manajemen adalah terkait sumber daya insani yang merupakan pengelolaan perilaku seseorang dalam mewujudkan tujuan yang optimal. Dalam lingkup perusahaan aspek sumber daya insani adalah karyawan yang diharapkan dapat meningkatkan kinerja dan keahlian yang dimiliki untuk pelaksanaan target yang ditentukan dalam perencanaan. Kemampuan manajerial tersebut untuk menghadapi persaingan pada home industry harus ada dukugan dari manajemen sumber daya insani yang berkualitas. Sebagai home industry pada umumnya sandal bandol Kebanaran Purwokerto sebenarnya telah menerapkan manajemen sumber daya manusia. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana menerapkan manajemen sumber daya Insani dan bagaimana pemilik meningkatkan kinerja karyawan pada home industy sandal bandol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen sumber daya insani dalam meningkatkan kinerja karyawan pada home industry sandal bandol Kebanaran Banyumas dengan metode kualitatif. Metode yang dilakukan yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian melakukan teknik analisis dengan mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data serta menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, disimpulkan bahwa penerapan yang dilakukan oleh home industry sandal bandol meliputi, rekrutmen, seleksi, penempatan kerja, pelatihan dan pengembangan serta kompensasi. Dan juga menerapkan prinsip-prinsip nilai islami seperti sifat siddiq, amanah, fathonah dan tabligh. Dengan adanya nilai-nilai Islami tersebut diharapkan karyawan akan semakin sungguh-sungguh dan semangat dalam bekerja dan dapat menjadi motivasi agar kinerja karyawan semakin meningkat dan mencapai target yang ditentukan oleh perusahaan. Kata kunci: Manajemen Sumber Daya Insani, Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Sumber Daya Insani, Kinerja Karyawan.
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.3 Manajemen Personalia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadya Fariska sdri
Date Deposited: 26 Sep 2022 06:54
Last Modified: 26 Sep 2022 06:54
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15848

Actions (login required)

View Item View Item