PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIN BEKAS PADA KONSUMEN DI KOTA PURWOKERTO

Uci Reza, Oktaviani (2022) PENGARUH GAYA HIDUP, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PAKAIN BEKAS PADA KONSUMEN DI KOTA PURWOKERTO. Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
UCI REZA OKTAVIANI_Pengaruh Gaya Hidup, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pakain Bekas pada Konsumen di Kota Purwokerto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin canggih memudahkan masyarakat dalam mencari berbagai informasi, termasuk mudahnya budaya asing berbaur dengan budaya lokal. Dampak masuknya budaya asing membawa perubahan pada perilaku individu khususnya dalam memenuhi kebutuhan seperti dalam berpakain. Saat ini fungsi pakain tidak hanya sebagai pelindung tubuh akan tetapi sebagai identitas diri di masyarakat. Pakain berkembang secara dinamis dan bisa memunculkan sebuah tren, salah satunya adalah pakain bekas. Pakain bekas saat ini tidak hanya sebagai komoditi yang di pandang sebelah mata saja, akan tetapi memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya. Pakain bekas memiliki model yang unik, harga terjangkau, kualitas baik, memiliki merek terkenal dan berkonsep sustainable living. Hal tersebut memunculkan suatu gaya hidup yang dipengaruhi oleh sebuah tren yang membuat perilaku konsumsi individu cenderung hedonisme. Mereka akan merasa senang ketika mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan seleranya. Gaya hidup menjadi salah satu faktor pendorong seseorang melakukan keputusan pembelian. Selain gaya hidup, harga dan kualitas produk juga menjadi pengaruh dalam pengambilan keputusan pembelian. Sehingga sangat penting bagi pemasar untuk memahami dan mempelajari perilaku konsumen untuk menciptakan strategi penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, kualitas produk dan harga baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada konsumen pakain bekas di Purwokerto. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data dilakukan melalui kuisioner dengan populasi yang dipakai adalah konsumen pakain bekas di Purwokerto. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobabilty sampling dan sampling purposive dengan sampel sebanyak 100 responden. Analisis data dilakukan melalui korelasi Rank Spearman, Konkordansi Kendall’s W dan analisi regresi ordinal dengan alat bantu SPSS versi 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan gaya hidup, kualitas produk dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pakain bekas pada konsumen di Kota Purwokerto. Kata Kunci: Gaya Hidup, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Gaya Hidup, Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
000 Generalities > 001 Knowledge > 001.4 Riset
200 Religion > 290 Other and comparative religions
200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences
2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.3 Ekonomi
300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
300 Social sciences > 330 Economics > 337 International economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Uci Reza Oktaviani
Date Deposited: 12 Sep 2022 07:56
Last Modified: 12 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/15694

Actions (login required)

View Item View Item