Pengembangan Profesionalisme Guru Di Mts Nu 3 Plompong Sirampog Brebes

TAUFIKURROHMAN, TAUFIKURROHMAN (2022) Pengembangan Profesionalisme Guru Di Mts Nu 3 Plompong Sirampog Brebes. Masters thesis, UIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
REPOSITORI TAUFIKURROHMAN 201765038.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (30kB)

Abstract

Penelitian ini adalah masih kurangnya kompetensi profesional guru di MTs Ma’arif NU 3 Plompong, belum tercapainya standar kompetensi profesional guru, yang dilakukan oleh Kepala Madrasah dalam Pengembangan profesional guru, dan hambatan yang dihadapi dalam Pengembangan profesional guru di MTs Ma’arif NU 3 Plompong.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Kompetensi Profesional Guru di MTs Ma’arif NU 3 Plompong, dan untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan Kepala Madrasah dalam Pengembangan kompetensi profesional guru, serta hambatan-hambatan yang dihadapi di MTs Ma’arif NU 3 Plompong.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data melalui uji kredibilitas. Temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini antara lain, Ada Pengembangan kompetensi profesional guru di MTs Ma’arif NU 3 Plompong, melalui pengembangan Profesionalisme beberapa komponen seperti kualifikasi akademik, baik melalui kualifikasi formal dan non formal, hal ini dibuktikan dengan: Guru memiliki kualifikasi akademik sesuai dengan mata pelajaran yang diajarkan, Guru telah mengikuti workshop/pelatihan dan MGMP, KKG, guru mampu menyusun RPP, Sebagian guru di MTs Ma’arif NU 3 Plompong telah mampu memanfaatkan tekhnologi pembelajaran dengan mengoperasikan komputer, dan internet dalam kegiatan pembelajaran, melalui pendidkan dan pelatihan guru di MTs Ma’arif NU 3 Plompong, Berdasarkan hasil analisis petikan wawancara dalam berbagai aspek diketahui bahwa ada Pengembangan profesionalisme guru yang signifikan di MTs Ma’arif NU 3 Plompong. yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru MTs Ma’arif NU 3 Plompong yaitu: melalui optimalisasi pada kopetensi pedagogik, kopetensi kepribadian, kompetensi sosial kompetensi personal. pelatihan Pengembangan kompetensi dan profesional, pemanfaatan sumber daya manusia yang ada di luar Madrasah kerjasama dengan instansi lain. Hambatan yang dihadapi dalam Pengembangan kompetensi profesional guru antara lain: keterbatasan anggaran biaya dan waktu jam pembelajaran, kemampuan ekonomi siswa yang sebagian berasal dari masyarakat yang kurang mampu.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Profesionalisme Guru, Pendidikan, Pelatihan
Subjects: 000 Generalities > 004 Data processing Computer science
200 Religion > 207 Education, research in Christianity
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: TAUFIKURRO TAUFIKURROHMAN sdr
Date Deposited: 23 Jun 2022 20:59
Last Modified: 23 Jun 2022 20:59
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/14232

Actions (login required)

View Item View Item