UPAYA PENGEMBANGAN MINAT BACA SISWA MELALUI POJOK BACA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH ISTOQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

PUJIYANTI, PUJIYANTI (2022) UPAYA PENGEMBANGAN MINAT BACA SISWA MELALUI POJOK BACA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH ISTOQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Masters thesis, UIN Prof.K.H.Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
Pujiyanti_201763014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Anak-anak dengan kemampuan membaca yang buruk mungkin menganggap membaca tidak bermanfaat dan karena itu kehilangan minat, yang pada gilirannya akan berdampak pada kemampuan membaca mereka di masa depan. Di sisi lain, bukan tidak mungkin seorang anak memiliki kemampuan membaca yang memadai tetapi minat bacanya kurang. MI Istiqomah Sambas Purbalingga telah menerapkan upaya pengembangan minat baca siswa adapun upaya pengembangan tersebut di lakukan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis Upaya Pengembangan Minat Baca Siswa Melalui Pojok Baca Kelas I MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya pengembangan minat baca yang dilakukan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga dengan cara melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam upaya pengembangan minat baca siswa.Pada bagian pelaksanaan upaya pengembangan minat baca yang dilakukan di MI Istiqomah Sambas Purbalingga tersedianya bahan baca yang tidak sedikit, diberikannya kebebasan kepada siswa untuk membaca buku diruang kelas, Ketiga tidak membeda bedakan kemampuan membaca pada siswa, memiliki perpustakaan kelas/ pojok baca, serta perpustakaan sekolah yang memadai, tidak menekankan kepada anak supaya jadi sempurna, dan memberi kebebasan pada anak untuk membeaca buku yang disukai dan diinginkan. Pelaksanaan pengembangan minat baca tersebut dikatakan dapat berjalan secara optimal. Hal ini dibuktikan dengan adanya minat baca siswa yang lebih baik dalam membaca buku.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Upaya Pengembangan, Minat Baca Siswa, Pujok Baca
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences > 028 Reading, use of other information media
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Pujiyanti Pujiyanti sdri
Date Deposited: 16 Jun 2022 06:28
Last Modified: 16 Jun 2022 06:28
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/13882

Actions (login required)

View Item View Item