KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LINA HANDAYANI, 102331036 (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH DI KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Ban V_Daftar Pustaka.pdf

Download (942kB) | Preview
[img] Text
Lina Handayani_KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan yang menarik untuk diteliti berkaitan dengan bagaimana cara guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Karena keberhasilan suatu proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kualitas atau kemampuan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Namun pada kenyataannya, sekarang ini masih banyak guru yang dinilai kering dalam aspek pedagogisnya. Guru hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran tanpa melihat kebutuhan peserta didiknya, kurang memanfaatkan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, serta tidak banyak melakukan pemikiran kreatif dan inovatif. Dengan menguasai kompetensi pedagogik, seorang guru akan dapat mengelola pembelajaran dan menciptakan interaksi edukatif dengan memahami karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai.Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tentang pemahaman dan pelaksanaan kompetensi pedagogik guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2014/2015. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan penelitian, maka peneliti memakai jenis penelitian lapangan (field reseacrh) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Perolehan data dilakukan dengan menggali data dari guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran yang berjumlah 2 orang, melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan Kompetensi Pedagogik mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah di Kecamatan Kembaran sudah sangat baik dan sesuai dengan teori dan kompetensi inti dari kompetensi pedagogik menurut Keputusan Menteri Agama Nomor 211 Tahun 2011. Namun, ada indikator kompetensi pedagogik yang belum dapat dilaksanakan yaitu melaksanakan penelitian tindakan kelas. Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 27 Oct 2016 01:19
Last Modified: 27 Oct 2016 01:19
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item