Pengaruh Kreativtas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Jatilawang

DIANA SRI REFITASARI, 1123301087 (2015) Pengaruh Kreativtas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 1 Jatilawang. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
DIANA S.R_PENGARUH KREATIVTAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan dari pembelajaran. Karena jika dalam diri peserta didik tidak ada dorongan kemauan untuk belajar tentu keberhasilan belajar akan sulit tercipta walaupun pendidik telah mengupayakan kompetensinya. Guru harus mampu menjadi inspirasi bagi peserta didik sehingga peserta didik akan lebih terpacu motivasinya. Kreativitas guru dalam pembelajaran dapat menjadi solusi untuk memecahkan masalah mengenai kurangnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kreativitas guru PAI dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa SMP N 1 Jatilawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif dan mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Jatilawang. Populasi dalam penelitian ini yakni siswa kelas VIII yang berjumlah 261, penulis mengambil sampel menggunakan teknik cluster random sampling dengan sampel sejumlah 89. Teknik pengambilan datanya menggunakan wawancara, angket, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu rumus regresi linear sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan besarnya Fhitung > Ftabel (20,643 > 3,69). Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, hal ini berarti variabel kreativitas guru PAI dalam pembelajaran berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa. Besarnya koefisien determinasinya (R2) yakni 0,192 atau 19,2% yang berarti besarnya pengaruh dari kreativitas guru PAI dalam pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa sebesar 19,2% dan sisanya 80,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Persamaan regresi yang terbentuk yaitu Y = 21,516+0,850X, jadi motivasi belajar siswa akan meningkat seiring dengan meningkatnya kreativitas guru PAI dalam pembelajaran sebanyak 0,850 kali. Kata kunci: Kreativitas guru PAI dalam pembelajaran, motivasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 14 Oct 2016 02:10
Last Modified: 14 Oct 2016 02:10
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item