PERAN IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM(STUDI KASUS DI DESA KUTASARI KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP

Sri, Khafiyani (2022) PERAN IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKATKAN PEREKONOMIAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM(STUDI KASUS DI DESA KUTASARI KECAMATAN CIPARI KABUPATEN CILACAP. Skripsi thesis, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Sri Khafiyani.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Sri Khafiyani_PERAN IBU RUMAH TANGGA UNTUK MENINGKAKAT PEREKONOMIAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Peran seorang ibu tidak hanya mengurus rumah tangga dan aktivitas rumah tangga, tetapi juga membantu perekonomian keluarga. Alasan ibu rumah tangga mempunyai peran ganda dalam keluarga yaitu, pertama karena himpitan ekonomi, kedua mengembangkan keterampilan, ketiga untuk mengisi waktu luang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ibu rumah tangga dalam meningkatkan perekonomian keluarga di Desa Kutasari Kecamatan Cipari Kabupaten Cilacap dalam perspektif Islam.Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah 15 ibu rumah tangga yang ikut bekerja mencari nafkah. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membercheck, dan triangulasi.Hasil penelitian menunjukan bahwa, peranan ibu rumah tangga dan keikutsertaan dalam dunia kerja memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan perekonomian keluarga dan peningkatan kesejahteraan keluarga. Ketika kondisi sosial ekonomi meningkat, mereka dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dan juga kebutuhan pendidikan anak. Islam juga tidak melarang perempuan untuk bekerja dengan ketentuan patuh dan tunduk pada kaidah-kaidah moral sosial dan tidak boleh bertentangan dengan kaidah-kaidah tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Ibu, Perekonomian Keluarga, Perspektif Islam
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
300 Social sciences > 360 Social services; association > 362 Social welfare problems and services
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Sdri Sri Khafiyani
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:41
Last Modified: 15 Feb 2022 07:41
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12723

Actions (login required)

View Item View Item