PENINGKATAN MUTU KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN CILACAP

Sitti, Sururiyah (2022) PENINGKATAN MUTU KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA MADRASAH ALIYAH NEGERI DI KABUPATEN CILACAP. Masters thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri.

[img]
Preview
Text
FIx_Sitti Sururiyah_Peningkatan Mutu Kompetensi Profesional Guru pada MAN di Cilacap_compressed.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulisan tesis ini adalah rendahnya kompetensi professional guru yang mengakibatkan rendahnya perolehan nilai kompetensi professional guru dalam Asesmen Kompetensi Guru. Dimana semua permasalahan itu harus ada upaya peningkatan mutu kompetensi professional yang dilakukan, mengingat guru menjadi faktor terpenting dalam proses pendidikan. Fokus utama dalam penelitian ini adalah Kebijakan dan Program Kepala Madrasah dalam upaya Peningkatan Mutu Kompetensi Guru yang dilakukan pada Madrasah Aliyah Negeri di Kabupaten Cilacap Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan dari mulai pengumpulan data, editing dan pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan metode triangulasi data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di Madrasah Aliyah Negeri di Cilacap sudah dilakukan upaya untuk meningkatkan mutu kompetensi Guru melalui berbagai kebijakan dan program yang dilaksanakan oleh Kepala Madrasah. Namun program yang dilaksanakan masih sebatas pelaksanaan program-program yang dimiliki oleh Kementerian Agama dalam upaya meningkatkan kualitas Tenaga Pendidik dan Kependidikan sehingga program-program tersebut masih bersifat global dan top down, meskipun sudah ada beberapa program yang merupakan program khas di masing-masing lembaga yang dilaksanakan sesuai kebutuhan, namun pelaksanaan program-program yang dilaksanakan belum terlihat secara inovatif dan berdasarkan pada kebutuhan di internal lembaga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Mutu, Kompetensi Profesional, Guru
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sitti Sururiyah sdri
Date Deposited: 15 Feb 2022 01:57
Last Modified: 15 Feb 2022 01:57
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12679

Actions (login required)

View Item View Item