PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA MIGRAN WANITA BERMASALAH PERSPEKTIF MAQA>S}ID ALSYARI>’AH (Studi di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas)

Dewi Fortuna, Nuriyah (2021) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA MIGRAN WANITA BERMASALAH PERSPEKTIF MAQA>S}ID ALSYARI>’AH (Studi di Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Dewi Fortuna Nuriyah_PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP PEKERJA MIGRAN.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Perlindungan pekerja migran merupakan isu yang sangat penting, tidak hanya melibatkan pekerjaan akan tetapi seluruh aspek kehidupan dalam semua tahap migran. Bekerja sebagai pekerja migran wanita merupakan pekerjaan yang sangat rentan terhadap perlakuan yang tidak baik selama bekerja, seperti kekerasan dan adanya pelanggaran hak-hak pekerja migran dalam perjanjian kerja. Upaya pemerintah untuk membantu pekerja migran yaitu dengan memberikan perlindungan terhadap pekerja migran yang bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlindungan hukum terhadap pekerja migran wanita bermasalah perspektif maqa>s}id al-syari>’ah.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer yang digunakan yaitu wawancara dengan Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas dan pekerja migran wanita bermasalah. Sedangkan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal, dan skripsi.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upaya perlindungan yang dilakukan oleh Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kabupaten Banyumas telah berjalan dengan efektif. Hal ini didasarkan pada hasil penelitian bahwa perlindungan terhadap pekerja migran telah dilakukan oleh pemerintah daerah kepada pekerja migran yaitu perlindungan sebelum pemberangkatan, selama bekerja dan setelah bekerja. Apabila dilihat dari perspektif maqa>s}id al-syari>’ah,dalam perlindungan hukum terhadap pekerja migran wanita bermasalah menjadi upaya yang dapat mendatangkan kemaslahatan bagi pekerja migran. Dalam hal ini, aspek-aspek yang menjadi kemaslahatan dalam maqa>s}id al-syari>’ah yang perlu dijaga dan dipelihara dalam perlindungan hukum terhadap pekerja migran wanita bermasalah yaitu dengan memelihara jiwa (hifdz an-nafs) dan memelihara kehormatan (hifdz al-‘ird). Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pekerja Migran Wanita Bermasalah,Maqa>s}id Al-Syari>’ah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Pekerja Migran Wanita Bermasalah, Maqa>s}id Al-Syari>’ah
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
300 Social sciences > 340 Law > 343 Military, tax, trade, industrial law
300 Social sciences > 340 Law > 348 Law (Statutes), regulations, cases > 348.598 Law of Indonesia (UU, Peraturan di Indonesia)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: DEWI FORTUNA NURIYAH sdri
Date Deposited: 20 Dec 2021 06:33
Last Modified: 20 Dec 2021 06:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item View Item