STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS II MI MUHAMMADIYAH JATISABA PURBALINGGA

Anisa, Rahmadhani (2021) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS II MI MUHAMMADIYAH JATISABA PURBALINGGA. Skripsi thesis, UIN PROF. KH. SAIFUDDIN ZUHRI PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANISA RAHMADHANI_STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PESERTA DIDIK KELAS II MI MUHAMMADIYAH JATISABA PURBALINGGA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Strategi guru dalam dunia pendidikan memiliki peranan yang sangat penting, hal ini sejajar dengan peran guru yang utama adalah mendidik. Sebagai seorang pendidik, guru dituntut untuk bisa menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan kepada peserta didiknya. Kemudian guru dapat sebagai pelatih potensi peserta didik, artinya guru bisa mengembangkan dan membantu peserta didik dalam menerapkan potensi tersebut supaya bisa bermanfaat dalam kehidupan mereka Kreativitas merupakan sebuah kemampuan seorang individu yang menunjukan kolaborasi dengan hal yang baru maupun hal yang lama menjadi sesuatu yang lebih bernilai dan menghasilkan karya yang dapat dinikmati oleh orang lain. Sedangkan nasionalisme secara keseluruhan dapat diartikan sebagai rasa cinta seseorang ataupun kelompok terhadap bangsa dan negaranya sendiri, dan juga mencintai elemen-elemen yang terkandung dalam negaranya sendiri seperti bahasa, budaya, dasar negara, dan lain-lain. Selain itu, bukan hanya rasa cinta tetapi rasa bangga terhadap negara sendiri, dan sebagai rakyat harus melaksanakan dan melestarikan aspek aspek yang ada dalam negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas dan nasionalisme peserta didik kelas II. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi guru dalam menumbuhkan kreativitas dan nasionalisme melalui pembiasaan dan pembudayaan, melalui proses pembelajaran intrakulikuler, melalui proses pembelajaran ektrakulikuler dan pengembangan diri, melalui kurikulum dengan mengintregasikan nilai-nilai kreativitas dan nasionalisme dalam mata pelajaran serta penguatan nilai nasionalisme dalam pendidikan formal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, Kreativitas, Nasionalisme.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education > 374 Adult education
300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Anisa Rahmadhani
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:04
Last Modified: 14 Oct 2021 02:04
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/11494

Actions (login required)

View Item View Item