PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA

Fatuchah, Azhari (2021) PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Tesis_1717631001_Fatuchah_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan hendaknya menginspirasi sehingga memunculkan kreativitas peserta didik, karena kurangnya kreativitas dan inovasi yang dimiliki guru akan mempengaruhi rendahnya kreativitas peserta didik, meningkatnya kreativitas dan inovasi merupakan kunci daya saing dan kemajuan sebuah bangsa.Usia sekolah dasar masih merupakan usia pembentukan, artinya anak akan dengan mudah memasukkan asupan pengalaman dan pelajaran yang dia lihat dan dengar. Oleh karena itu guru perlu hati-hati dalam memberikan asupan pelajaran dan pengetahuan terhadap peserta didiknya, sehingga nilai-nilai yang diinternalisasikan kepada anak harus berupa nilai-nilai yang luhur, yaitu nilai-nilai Islam. Adapun permasalahan yang diangkat adalah bagaimana perencanaan dan pelaksanaan pengembangan kreativitas peserta didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga dengan menginternalisasi nilai-nilai Islami. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan filsafat postpositivisme. Teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi, wawancara mendalam (deep interviews) dan dokumentasi serta menggunakan pendekatan analisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data dan penyimpulan. Temuan-temuan dalam penelitian: 1)Perencanaan pengembangan kreativitas peserta didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga dilaksanakan dengan cara yang sistematik dengan menggunakan kurikulum kekhasan Sekolah Dasar Islam Terpadu Perencanaan tersebut dilakukan dalam program kurikuler dan kokuriler dengan perencanaan RPP oleh para guru menggunakan asas Terpadu (telaah, eksplorasi, rumuskan, presentasi, aplikasi, duniawi dan ukhrowi), sedangkan program ekstra kurikuler dikoordinasi oleh bidang kesiswaan;, 2) Pelaksanaan pengembangan kreativitas peserta didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga dikembangkan aspek berpikir kreatif/aptitude dengan cara menulis kreatif, membaca, mengajukan gagasan dengan pertanyaan pancingan dari guru, dan diskusi, aspek sikap/non-aptitude dengan kegiatan story morning, market day, outbond training, outing class dan pramuka, serta aspek motorik yakni dengan olah raga, renang, voli, dan panahan. Pelaksanaan pengembangan kreativitas peserta didik di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga yang menginternalisasi nilai-nilai Islami terlihat dari testimoni dari orang tua/wali murid bahwa peserta didik mampu menjaga nilai-nilai Islami. Kata Kunci: Kreativitas, Internalisasi Nilai Islami

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas, Internalisasi Nilai Islami
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fatuchah Fatuchah sdri
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:09
Last Modified: 13 Aug 2021 04:09
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10835

Actions (login required)

View Item View Item