PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN 3 DERMAJI TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Isna Nur Rohmah, 092333027 (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN 3 DERMAJI TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text
ISNA NUR ROHMAH_PELAKSANAAN SUPERVISI PENDIDIKAN DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SDN 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (754kB)

Abstract

Komponen guru merupakan salah satu dalam kegiatan belajar mengajar (KBM), yang memiliki peran sangat menentukan keberhasilan pembelajaran. Melihat begitu pentingnya peran guru dalam proses pendidikan dan sekaligus sebagai pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan proses pendidikan di sekolah, guru dituntut untuk memiliki jiwa profesionalisme yang tinggi.Karena itu, usaha meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan proses belajar mengajar, perlu secara terus menerus mendapatkan perhatian dari penanggung jawab sistem pendidikan. Adapun maksud dari penanggung jawab sistem pendidikan yaitu apa yang dinamakan supervisor, dimana supervisor tersebut melakukan supervisi terhadap para guru dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme guru, dalam hal ini kepala sekolah sebagai supervisor yang mensupervisi guru-guru di SDN 3 Dermaji. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif, lokasinya berada di SDN 3 Dermaji. Data diperoleh dari Kepala Sekolah dan Guru SD Negeri 3 Dermaji melalui wawancara, pengambilan data dan dokumen. Untuk memperoleh informasi dan data-data yang diperlukan dalam penelitian penulis menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh penulis, menyatakan bahwa pada prakteknya pelaksanaan supervisi pendidikan dalam meningkatkan profesionalisme gurubelum terealisasi dengan maksimal. Kata kunci : Supervisi pendidikan, Profesionalisme, Guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 08 Sep 2016 01:16
Last Modified: 08 Sep 2016 01:16
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item