PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANTARA GURU DENGAN WALI MURID PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI PLUS MA'ARIF NU MAKAM PURBALINGGA

Iska, Hardiyani (2021) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM KOMUNIKASI PEMBELAJARAN ANTARA GURU DENGAN WALI MURID PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MI PLUS MA'ARIF NU MAKAM PURBALINGGA. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Iska Hardiyani_Pemanfaatan Media Sosial Dalam Komunikasi Pembelajaran Antara Guru Dengan Wali Murid Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Mi Plus Maarif NU Makam Purbalingga.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Orang tua memiliki tanggung jawab utama terhadap keberhasilan pendidikan anak. Sinergi antara keluarga dengan sekolah dalam rangka mewujudkan proses dan hasil pembelajaran yang maksimal merupakan sebuah keniscayaan agar anak semakin meningkatkan prestasi, baik akademik maupun non-akademik. Masa pandemi covid-19 yang masih berlangsung ini menjadi tantangan besar bagi semua pihak, tidak terkecuali dunia pendidikan. Pemanfaatan media sosial menjadi sarana komunikasi utama ditengah keterbatasan interaksi tatap muka langsung, termasuk untuk keperluan pemantauan proses pembelajaran sebagaimana yang diselenggarakan oleh MI Plus Ma’arif NU Makam kabupaten Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan serta menganalisis pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi antara guru dengan wali murid tentang kegiatan pembelajaran peserta didik di MI Plus Ma’arif NU Makam Purbalingga selama masa pandemi Covid-19 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis media sosial yang dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi ini antara lain WhatsApp, Zoom, YouTube dan Facebook. Mayoritas guru dan wali murid memilih WhatsApp sebagai platform media sosial yang utama. Ketersediaan perangkat smartphone dari wali murid dan dukungan kondisi jaringan selular belum sepenuhnya maksimal, sehingga terkadang menghambat proses komunikasi pembelajaran. Namun demikian, pemahaman terhadap penggunaan fitur media sosial secara umum sudah cukup baik. Pemanfaatan media sosial sebagai sarana komunikasi pembelajaran ini hampir dilakukan setiap hari dengan tingkat partisipasi yang beragam dari wali murid. Kendala-kendala dihadapi diantaranya lemahnya signal dan keterbatasan kuota, disamping ada sebagian yang terkendala dengan perangkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Komunikasi Pembelajaran, Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.33 Tools, Equipment and Teaching Materials
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sdri Iska Hardiyani
Date Deposited: 02 Mar 2021 06:36
Last Modified: 02 Mar 2021 06:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/10005

Actions (login required)

View Item View Item