PEMBELAJARAN MUFRODAT MELALUI METODE BERNYANYI DI MTs MA’ARIF NU 02 CILONGOK KAB. BANYUMAS

LAELI QODARIYAH, NIM.1123302018 (2016) PEMBELAJARAN MUFRODAT MELALUI METODE BERNYANYI DI MTs MA’ARIF NU 02 CILONGOK KAB. BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
LAELI QODARIYAH_PEMBELAJARAN MUFRODAT MELALUI METODE BERNYANYI DI MTs MA’ARIF NU 02 CILONGOK.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img]
Preview
Text
Cover_bab I_bab v_Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang pembelajaran mufrodat melalui metode bernyanyi di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok yang meliputi : pembelajaran mufrodat, metode bernyanyi, dan penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat. Permasalahan yang telah dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufrodat di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok, dengan beberapa metode dalam satu proses pembelajaran yang digunakan secara berkesinambungan. Diantara metode yang digunakan adalah metode membaca, metode tarjamah, metode menghafal, dan metode menulis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan ( field research ) dengan mengambil lokasi di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa metode, yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis data deskriptif, yaitu analisis yang bertujuan untuk mengumpulkan dan menyusun suatu data kemudian diusahakan adanya analisis data untuk diambil kesimpulan dengan menggunakan pola pikir induktif. Berdasarkan hasil penelitian penulis, dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran mufrodat melalui metode bernyanyi di MTs Ma’arif NU 02 Cilongok sudah dilakukan sesuai dengan teori. Adapun pembelajaran mufrodat melalui metode bernyanyi dilakukan sebagai berikut : menulis mufrodat di papan tulis, siswa menulis mufrodat di buku masing-masing, guru membacakan mufrodat disertai dengan lagu ( nyanyian ) dan siswa menirukan mufrodat yang telah dibacakan oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Mufrodat, Metode Bernyanyi, dan MTs Ma’arif NU 02 Cilongok.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3303 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 06:48
Last Modified: 05 Sep 2016 06:48
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/998

Actions (login required)

View Item View Item