Pembiasaan Lantunan Asmaul Husna dan Sholawat Kisah Sang Rasul pada Siswa di SD Negeri 01 Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas

Nida, Afifah (2021) Pembiasaan Lantunan Asmaul Husna dan Sholawat Kisah Sang Rasul pada Siswa di SD Negeri 01 Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
skripsi perpus_1.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Penelitian Pembiasaan Asmaul Husna dan lantunan sholawat kisah Sang Rasul pada siswa kelas VI di SD Negeri 01 Pasir Kulon adalah hal yang menarik dari siswa kelas VI karena kelas tersebut memiliki perkembangan sikap yang lebih baik dibandingkan dengan siswa di kelas lainnya. Penelitian tentang masalah yang peneliti lakukan belum pernah dilakukan sebelumnya di sana. Kemudian, SD Negeri 01 Pasir Kulon merupakan salah satu SD umum yang menggunakan pembiasaan Asmaul Husna dan lantunan sholawat kisah Sang Rasul yang teramat jarang dilakukan oleh SD umum yang lain, serta apakah istiqomah dalam melakukannya . Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembiasaan Asmaul Husna dan lantunan sholawat kisah sang Rasul dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembiasaan tersebut pada siswa di kelas VI SD Negeri 01 Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat empiris (dapat diamati dengan panca indera sesuai dengan kenyataan), hanya saja pengamatan atas data bukanlah berdasarkan ukuran-ukuran matematis yang terlebih dulu ditetapkan peneliti dan harus dapat disepakati (direplikasi) oleh pengamatan lain, melainkan berdasarkan ungkapan subjek penelitian, sebagaimana yang dikehendaki dan dimaknai oleh subjek penelitian. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, yaitu suatu proses penelitian yang dilakukan dengan pengamatan ketika di lapangan tanpa adanya manipulasi. Moleong menyebutkan, penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan dan lain sebagainya. Pendekatan kualitatif menggunakan konsep kealamiahan (kecermatan, kelengkapan, atauorisinalitas) data yang sebenarnya terjadi di lapangan, dimana peneliti terjun kelapangan untuk meneliti Pembiasaan Asmaul Husna dan lantunan sholawat kisah Sang Rasul pada siswa kelas VI di SD Negeri 01 Pasir Kulon yang kemudian digambarkan atau dideskripsikan mengenai hasil dari penelitian yang dilakukan. Yang dimaksudkan dalam skripsi ini bahwasannya Asmaul Husna adalah pembiasaan melantunkan nama-nama indah Allah yang 99 setiap pagi sebelum mata pelajaran dimulai dengan tujuan agar siswa dapat mengenal dan mengetahui Asmaul Husna dengan baik di SD Negeri 01 Pasir Kulon Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Sedangkan, shalawat menurut arti bahasa adalah do’a. Menurut istilah adalah shalawat Allah SWT kepada Rasulullah SAW berupa Rahmat dan Kemuliaan (Rahmat Tadhim). Sedangkan, Kisah Sang Rasul adalah kisah seorang Nabi yang sangat dicintai Allah dan menjadi penutup Nabi akhir zaman yang memiliki banyak kisah yang luar biasa dalam mencapai kenabian dan kerasulannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Amaul Husna, Lantunan Shalawat, Kisah Sang Rasul
Subjects: 200 Religion > 290 Other and comparative religions > 299 Other religions
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nida Afifah sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 18:17
Last Modified: 26 Feb 2021 18:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9925

Actions (login required)

View Item View Item