UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS I MI NEGERI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Ani Jayanti, 1223305009 (2016) UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS I MI NEGERI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ANI JAYANTI_UPAYA GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA KELAS I MI NEGERI PURWOKERTO KABUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dari sisi pedagogik, karakter disiplin sangat penting bahkan merupakan keharusan bagi pertumbuhan siswa terutama pada siswa usia sekolah dasar. Tumbuh kembang siswa tidak hanya secara fisiologis, tetapi juga secara mental dan sosial. Berbekal nilai karakter disiplin akan mendorong tumbuhnya nilai-nilai karakter baik lainnya, seperti tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, dan sebagainya. Untuk mendisiplinkan siswa, hukuman memang salah satu unsur kedisiplinan yang diperlukan karena pada dasarnya hukuman merupakan usaha mendidik yang digunakan untuk memperbaiki dan mengarahkan siswa ke arah yang benar. Akan tetapi disiplin dengan sewenang-wenang atau dengan hukuman kekerasan tidak dapat dibenarkan, karena kekerasan yang dialami siswa dapat memberikan efek psikologis yang berkepanjangan pada dirinya. Ada metode atau upaya tertentu yang harus digunakan guru untuk membentuk atau mengembangkan sikap disiplin pada siswa sebagai calon generasi mendatang agar kelak menjadi warga negara yang baik dan tidak merugikan bangsa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan di MI Negeri Purwokerto, dengan subjek kepala sekolah, guru, dan siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas I MI Negeri Purwokerto dilakukan dengan menggunakan metode percakapan, metode cerita, metode perumpamaan, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode pemberian nasihat, serta metode janji dan ancaman yang dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler yang salah satunya ekstrakurikuler wajib yaitu ekstrakurikuler pramuka, kegiatan rutin yang meliputi kegiatan upacara bendera, kegiatan pagi, budaya 4S (senyum salam sapa salaman), shalat berjamaah, pemeriksaan kuku dan gigi, serta tugas piket yang berada di MI Negeri Purwokerto. Kata Kunci: upaya guru, karakter disiplin, siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 05 Sep 2016 03:27
Last Modified: 05 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/992

Actions (login required)

View Item View Item