PENGEMBANGAN RITUALISTIK KEBERAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA'ARIF NU 01 PEKUNCEN

Musyarofah, Musyarofah (2021) PENGEMBANGAN RITUALISTIK KEBERAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA'ARIF NU 01 PEKUNCEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
MUSYAROFAH_PENGEMBANGAN RITUALISTIK KEBERAGAMAAN SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP MA’ARIF NU 01 PEKUNCEN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) Cara kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan siswa di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen (2) Hasil dari pengembangan ritualistik keberagamaan siswa di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen (3) Faktor penghambat dan pendukung kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan siswa pada pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen (4) Upaya mengantisipasi faktor penghambat dalam kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan siswa di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian sebagai berikut: (1) Jenis atau pola penelitian kualitatif, (2) Sumber data: narasumber dan data sekolah, (3) Teknik pengumpulan data adalah wawancara mendalam kepada kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua siswa, observasi dan dokumentasi, (4)Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian skripsi ini adalah (1) Pengembangan ritualistik keberagamaan yang diterapkan di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen ada 4 kegiatan, yaitu sholat dhuha, membaca asma’ul khusna, membaca Al-qur’an, dan sholat berjama’ah (2) Untuk hasil dari pengembangan ritualistik keberagamaan adalah siswa menjadi terbiasa melaksanakan sholat dhuha, membaca dan mengamalkan asma’ul husna, meningkatnya kemampuan dan minat membaca Al-Qur’an, serta adanya manfaat yang dirasakan oleh siswa dari pelaksanaan pengembangan ritualistik keberagaan seperti hati merasa tenang, mudah dalam menghafal dan bacaan Al-Qur’an menjadi lebih lancar (3) Untuk Faktor pendukung kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen diantaranya adalah semua siswa beragama Islam, sarana dan prasarana memadai, dan adanya motivasi dari guru dan orangtua siswa (4) Untuk faktor penghambatnya yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an anak yang berbeda-beda, kurangnya pemahaman anak tentang keuatamaan sholat dhuha, membaca asma’ul husna, pentingnya membaca Al-Qur’an, dan keutamaan sholat berjamaah, orang tua yang kurang memahami pentingnya untuk membimbing anak membaca Al-Qur’an dirumah, masih ada anak yang tidak melaksanakan kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan ketika pembelajaran daring, faktor dari dalam diri siswa yaitu rasa malas, yaitu tidak sholat dhuha, membaca asma’ul husna, tidak mau membaca Al-Qur’an, dan tidak mau sholat berjama’ah jika tidak di perintah oleh orang tua secara terus menerus. (5) Upaya sekolah untuk mengantisipasi faktor pengahambat kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan siswa diantaranya memberikan bimbingan secara khusus kepada siswa yang berkemampuan rendah dalam membaca Al-Qur’an di sela kegiatan pembelajaran, memberikan pengertian dan motivasi kepada siswa tentang manfaat sholar dhuha, membaca asma’ul husna, membaca Al-Qur’an, dan sholat berjama’ah, melakukan sosialisasi kepada wali siswa tentang kegiatan pengembangan ritualistik keberagamaan tersebut ketika ada pertemuan wali siswa. Kata Kunci: Pengembangan Ritualistik Keberagamaan Siswa pada Pembelajaran PAI di SMP Ma’arif NU 01 Pekuncen

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Ritualistik Keberagamaan siswa pada Pembelajaran PAI
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.9 Islam dan Bidang Lainnya
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3308 Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Musyarofah Musyarofah sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 18:06
Last Modified: 26 Feb 2021 18:06
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9913

Actions (login required)

View Item View Item