PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

ARY LUHVIATI, NIM.1223305014 (2016) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV DI SDIT ALAM HARAPAN UMMAT KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
ARY LUHVIATI_Penerapan Model Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesan bahwa praktek pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar saat ini berpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dan menganggap pembelajaran IPA itu tidak menyenangkan, bahkan ada siswa yang mengesampingkan pembelajaran IPA. Dengan demikian seharusnya guru dapat menerapkan model pembelajaran yang menarik agar pembelajaran dapat dipahami oleh siswa dan pembelajaran IPA lebih hidup sehingga menyadarkan siswa bahwa pembelajaran IPA tidaklah membosankan. Salah satu yang sudah menerapkan model pembelajaran yang cukup menarik adalah SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga yaitu dengan menerapkan model cooperative learning. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana penerapan model cooperative learning pada mata Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga tahun pelajaran 2015/2016?” Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan, mengetahui, memahami dan mendeskripsikan penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode analisis data deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Dari analisis yang dilakukan peneliti, bahwa penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga meliputi langkah-langkah penerapan cooperative learning yang dilakukan oleh guru yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, menyajikan informasi, mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok kooperatif, membimbing kelompok bekerja dan belajar, evaluasi dan memberikan penghargaan. Untuk menunjang keberhasilan dari model cooperative learning ini, guru menggunakan tipe diskusi dan penugasan serta dapat dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning dalam pembelajaran IPA kelas IV di SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning, Pembelajaran IPA, SDIT Alam Harapan Ummat Purbalingga
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 05 Sep 2016 02:23
Last Modified: 05 Sep 2016 02:23
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/987

Actions (login required)

View Item View Item