IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PT. RUMAH MOCAF INDONESIA)

Umi, Uswatun Chasanah (2021) IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PT. RUMAH MOCAF INDONESIA). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Isi.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
UMI USWATUN CHASANAH_IMPLEMENTASI SOCIAL ENTREPRENEURSHIP DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (STUDI KASUS PADA PT. RUMAH MOCAF INDONESIA).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Social entrepreneurship menjadi sesuatu yang menarik dalam dunia bisnis karena tidak hanya berorientasi pada keuntungan materi saja, melainkan juga memberikan dampak positif dalam kehidupan masyarakat. PT. Rumah Mocaf Indonesia adalah perusahaan berasaskan social entrepreneurship yang berawal dari kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam mengolah singkong menjadi tepung mocaf (modified cassava flour) yang kemudian dipadukan dengan aktivitas bisnis. Implementasi social entrepreneurship yang sesuai berperan penting dalam terwujudnya sebuah tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi social entrepreneurship dalam pemberdayaan masyarakat oleh PT. Rumah Mocaf Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif dan pendekatan deskriptif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data mengunakan teknik triangulasi dan dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi social entrepreneurship dalam pemberdayaan masyarakat oleh PT. Rumah Mocaf Indonesia dimulai dari penentuan misi sosial dan mengidentifikasi peluang dengan berprinsip pada demokratisasi ekonomi. Aktivitas yang dilakukan yaitu dengan sistem klaster, pendampingan petani dan pengrajin mitra, sistem penjadwalan tanam dan panen, bantuan permodalan mitra, dan pemasaran tepung mocaf. Manfaat yang diperoleh masyarakat adalah membuka lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan, bertambahnya pengetahuan,dan petani memiliki komitmen serta antusiasme lebih baik. Faktor pendukung berupa sumber daya alam yang memadai, orang-orang yang kompeten, dan hubungan baik dengan berbagai pihak. Faktor penghambat berupa permodalan yang cukup besar, cuaca, alat produksi yang manual, serta biaya pemasaran yang tinggi. Kata Kunci: Social Entrepreneurship, Pemberdayaan Masyarakat, PT. Rumah Mocaf Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Social Entrepreneurship, Pemberdayaan Masyarakat, PT. Rumah Mocaf Indonesia
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction
300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Umi Uswatun Chasanah
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:56
Last Modified: 26 Feb 2021 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9811

Actions (login required)

View Item View Item