PRAKTIK PEMBELAJARAN RUMPUN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI MTS MINAT KESUGIHAN CILACAP)

Muhamad, Khanafi (2021) PRAKTIK PEMBELAJARAN RUMPUN PAI DI MASA PANDEMI COVID-19 ( STUDI KASUS DI MTS MINAT KESUGIHAN CILACAP). Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
1617662007_Tesis_muhamad khanafi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pada kodisi pandemi Covid-19. Sektor pendidikan dalam kondisi darurat tersebut perlu kesiapan yang matang, dari segi media pembelajaran, strategi pembelajaran mauapun materi yang akan di samapaikan. Agar materi dapat diterima oleh peserta didik dengan maksimal. Selain pendidik, keterlibatan orangtua juga sangat menentukan keberhasilan perserta didik. Penggunaan media pembelajaran yang tepat akan membuat belajar menjadi menyenangkan dan efektif. MTs MINAT Kesugihan Cilacap merupakan lembaga madrasah yang memberlakukan sistem daring dan luring dalam pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian fenomenologis dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan kepala Madrasah MTs MINAT Kesugihan Cilacap, Waka Kurikulum, dan Guru pengampu mata pelajaran rumpun PAI. Teknik lain yang digunakan adalah dengan menyebar kuesioner kepada 35 responden yakni siswa MTs MINAT yang berdomisili di rumah dan yang berdomisili di pondok pesantren, serta sumber sekunder yang berupa foto-foto kegiatan terkait penelitian seperti kegiatan pembelajaran daring, luring, kegiatan wawancara, profil sekolah, sarana prasarana, visi misi, dan data guru dan karyawan MTs MINAT Kesugihan Cilacap. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran di masa pandemi covid-19 yang diselenggarakan di MTs MINAT Kesugihan Cilacap, dilaksakan dengan dua cara yaitu sistem daring dan luring, sedangkan sistem luring dialihbahasakan dengan Goes To Pesantren, karena pelaksanaan sistem luring hanya untuk siswa yang berdomisili di pondok Pesantren. Secara garis besar, pelaksanaan pembelajaran daring dan luring berjalan dengan maksimal dan serta dapat menjadi pengganti KBM tatap muka, dengan guru memberikan materi dan penugasan melalui whatsap, youtobe, video offline, PPT serta google form. Kata Kunci: Pembelajaran, Daring, Luring Covid-19

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Daring, Luring Covid-19
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.6 Islam dan Teknologi
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.331 Tsanawiyah
600 Technology (Applied sciences) > 607 Education, research, related topics
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhamad Khanafi sdr
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:17
Last Modified: 26 Feb 2021 02:17
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9769

Actions (login required)

View Item View Item