KEBIJAKAN STRATEGI KEMENTE RIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI BANYUMAS

Umi Hanifah Gozali, NIM. 1223303035 (2016) KEBIJAKAN STRATEGI KEMENTE RIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN DI BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.PDF

Download (5MB) | Preview
[img] Text
UMU HANIFAH GOZALI_KEBIJAKAN STRATEGI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BANYUMAS DALAM MENINGKATKAN MUT.PDF
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Sumber daya manusia yang bermutu merupakan faktor pentig dalam pembangunan bangsa, dan SDM yang bermutu hanya diwujudkan dengan pendidikan yang bermutu. Menurut Direktorat Jendral Pendidikan Islam kesadaran akan pentingnya pendidikan sebagai proses peningkatan kualitas SDM menuntut adanya diverisifikasi layanan pendidikan, mengingat luas dan heterogennya cakupan sasaran pendidikan.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya kementerian agama kabupaten banyumas dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren dengan mengadakan program kesetaraan jenjang pendidikan dimana salah sarunya melalui strategi yang digunakan kementerian agama kabupaten banyumas dengan cara menyingkronkan teori menurut yaitu perubahan terus menerus, menentukan standar mutu, perubahan kultur, perubahan organsasi dan memperthankan hubungan dengan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana penelitian ini dalam penyajian datanya menggambarkan objek penelitian yaitu kebijakan dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Penelitian ini dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi terhadap kepala seksi PD Pontren Kemenag Banyumas serta Seksi Pontren Kemenag Banyumas serta beberapa pondok pesantren penyelenggara program pendidikan kesetaran mulai dari 26 Oktober 2015 s/d 26 Juli 2016. Dalam menganalisis data penelitian ini digunakan untuk menggambarkan data-data mengenai kebijakan kemenag Banyummas. Proses analisis meliputi reduksi data yaitu merangkum, memilih, memfokuskan serta dicari tema dan dengan membuang data yang tidak perlu lalu data disajikan dengan menguraikan konsep yang berhubungan dengan kebijakan strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren. Hasil dari penelitian ini adalah penggambaran kebijakan strategi dalam meningkatkan mutu pendidikan pondok pesantren dengan mengimplementasikan strategi peningkatan mutu dalam buku Edward Sallis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan Strategi, Mutu Pendidikan Pondok Pesantren
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 05 Sep 2016 00:25
Last Modified: 05 Sep 2016 00:25
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/976

Actions (login required)

View Item View Item