MAKNA PESAN IKLAN HOMECARE UNILEVER EDISI RAMADHAN 2020 VERSI GERAKAN MASJID BERSIH (Analisis Semiotika Visual Roland Barthes)

Teguh, Pamungkas (2021) MAKNA PESAN IKLAN HOMECARE UNILEVER EDISI RAMADHAN 2020 VERSI GERAKAN MASJID BERSIH (Analisis Semiotika Visual Roland Barthes). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
cover_bab I_bab V_daftar pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Teguh Pamungkas_Makna Pesan Iklan Homecare Unilever Edisi Ramadhan 2020 (Analisis Semiotika Visual Roland Barthes).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Munculnya pandemi virus corona atau covid-19 membuat aktivitas masyarakat terganggu bahkan terhenti, dan masjid menjadi salah satu tempat yang terdampak atas aturan pembatasan tersebut. Oleh karena itu, munculah gerakan dari Unilever yang mengajak masyarakat untuk tetap bisa bersedekah sembari menjaga kebersihan masjid dari kontaminasi virus covid-19. Melalui iklan tersebut, penulis dapat menyimpulkan terdapat makna tersirat dari tayangan iklan homecare edisi ramadhan ini. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah kajian literature atau teks media dengan pendekatan semiotika visual. Metode yang digunakan adalah kualitatif sedangkan metode analisisnya menggunakan teori analisis semiotika visual Roland Barthes yang berisikan tentang makna denotasi, makna konotasi, dan mitos. Teori tersebut digunakan untuk menganalisis tanda-tanda yang menunjukkan adanya pesan tersembunyi atau makna konotasi. Hasil penelitian berdasarkan analisis semiotika visual Roland Barthes yang dilakukan oleh penulis dengan judul “Makna Pesan Iklan Homecare Unilever Edisi Ramadhan 2020 Versi Gerakan Masjid Bersih (Analisi Semiotika Visual Roland Barthes) adanya sebuah makna dari sebuah pesan yang dibuat dan disampaikan melalui tanda-tanda dalam iklan tersebut yang berbentuk visual dan mengandung sebuah pesan tersirat. Makna pesan dalam iklan tersebut adalah berusaha mengajaka kepada audience untuk menjaga kebersihan dan dan berbagi peran dalam kondisi pandemi virus covid-19. Iklan tersebut juga berusaha memunculkan makna lain dengan menambahkan unsur produk dari unilever yang berusaha mereka perkenalkan kepada audience serta menambahkan adanya ajakan dan mengingatkan kepada masyakarat untuk tetap menjaga kebersihan terutama tempat ibadah seperti masjid dan mushola serta untuk menghindari penulara virus covid-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Makna Pesan, Iklan, Gerakan Masjid Bersih, Semiotika Visual
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdr Teguh Pamungkas
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:39
Last Modified: 25 Feb 2021 02:39
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9759

Actions (login required)

View Item View Item