PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI AL-FATAH PURWODADI KECAMATAN KEMBARAN

Ulfah, Nabila (2021) PENERAPAN STRATEGI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI AL-FATAH PURWODADI KECAMATAN KEMBARAN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ULFAH NABILA_PENERAPAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V MI AL-FATAH PURWODADI KECAMATAN KEMBARAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan pokok bagi seluruh manusia, karena dengan pendidikan seseorang akan menjalani kehidupannya dengan baik. Tanpa pendidikan yang baik maka seseorang belum tentu memiliki kehidupan yang baik pula. Berbicara tentang pendidikan maka sangat membutuhkan dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak yaitu guru dan orang tua serta kemauan oleh anak didik sendiri, agar memperoleh hasil yang optimal. Untuk memperoleh hasil yang optimal sebagai guru perlu memberikan pembelajaran dengan menggunakan strategi. Salah satu tujuan guru menggunakan strategi agar anak didik mampu mengaitkan kehidupan nyata ke dalam mata pelajaran yang ada di sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini berkaitan dengan penelitian yang merupakan aktivitas yang bertujuan untuk menggambarkan situasi atau fenomena yang dirancang untuk mendapat suatu informasi dalam keadaan sekarang. Penelitian deskriptif juga digunakan terhadap permasalahan berupa fakta-fakta saat ini dari suatu populasi. Tujuannya untuk menguji hipotesis dari subjek yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang telah disajikan diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan strategi contextual teaching and learning dalam pembelajaran tematik kelas V di MI Al-Fatat Puwodadi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Jadi setelah menggunakan strategi CTL siswa kelas V MI Al-Fatah Purwodadi mendapat peningkatan nilai pada ulangan harian dan siswa menjadi lebih aktif. Tanpa di sadari oleh siswa bahwa dengan menggunakan strategi CTL yang di terapkan pada pembelajaran tematki ini sangat memberikan manfaat terutama untuk mendapatkan peningkatan prestasi siswa. Hal ini menguntungkan bagi semua pihak terutama siswa dan pendidik, pendidik pun merasa lebih bangga dengan peserta didik yang rata-rata mendapatkan peningkatan nilai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Strategi Contextual Teaching and Learning
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.102 Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ulfah Nabila
Date Deposited: 25 Feb 2021 02:30
Last Modified: 25 Feb 2021 02:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9747

Actions (login required)

View Item View Item