PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BANJARNEGARA

Kuni, Istiqomah (2021) PENGARUH SELF REGULATED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 3 BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (598kB) | Preview
[img]
Preview
Text
SKRIPSI Kuni Istiqomah (1).pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Kemampuan penalaran matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting dimiliki oleh siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan penalaran matematis yaitu self regulated learning (kemandirian belajar). Selain itu, untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa harus mandiri, baik dalam belajar, mengerjakan tugas, mengatur waktu belajar, maupun dalam pencarian materi. Hal tersebut merupakan benuk dari self regulated learning. Kemampuan penalaran matematis di MTs Negeri 3 Banjarnegara kelas VIII bervariasi, ada yang memiliki penalaran matematis yang tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Banjarnegara. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan insrumen tes, berupa tes uraian untuk mengukur Kemampuan Penalaran Matematis, sedangkan angket untuk mengukur self regulated learning siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 238 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 147 siswa berdasarkan aturan sampel menurut Tabel Krejcie. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara self regulated learning terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Negeri 3 Banjarnegara, yang dapat ditunjukan dengan besarnya pengaruh adalah sangat kecil sekali yaitu 0,7%. Kata kunci : Self Regulated Learning, Kemampuan penalaran matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Learning, Kemampuan penalaran matematis.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdri Kuni Istiqomah
Date Deposited: 25 Feb 2021 03:12
Last Modified: 25 Feb 2021 03:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9746

Actions (login required)

View Item View Item