PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS

AMRUN ARDIANTAMA, NIM. 102331195 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs AL ITTIHAAD MA’ARIF NU 1 PURWOKERTO BARAT KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
AMRUN_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM MATA PELAJARAN FIQIH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB) | Preview

Abstract

Strategi Pembelajaran Kontekstual (CTL) merupakan strategi yang melibatkan siswa secara penuh dalam proses pembelajaran. Siswa didorong untuk beraktivitas mempelajari materi pelajaran sesuai dengan topik yang akan dipelajarinya. Belajar dalam konteks CTL bukan hanya sekedar mendengarkan dan mencatat, tetapi belajar adalah proses berpengalaman secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-ittihaad Ma‟arif NU 1 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif.Untuk memperoleh informasi dan data – data yang diperlukan dalam penelitian, maka penulis menggunakan beberapa metode yaitu, metode observasi, wawancara, dan dokumentasai.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan strategi pembelajaran kontekstual dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Ittihaad Ma‟arif Nu 1 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran sudah sesuai dengan komponen dan karakteristik serta hal – hal yang terkait dengan strategi pembelajaran kontekstual. Strategi pembelajaran kontekstual merupakan suatu strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membantu guru mengaitkan materi yang telah diperoleh oleh peserta didik kedalam dunia nyata. Pembelajaran dalam Mata Pelajaran Fiqih di MTs Al-Ittihaad Ma‟arif Nu 1 Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas dinilai sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih. Guru melakukan pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih dengan tujuan mengarahkan siswa dalam mengenal, memahami, menghayati,dan mengamalkan hukum Islam yang mengarahkan siswa supaya taat dan bertaqwa kepada Allah SWT melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, serta pengalaman siswa sehingga menjadi muslim yang selalu bertambah keimanannya kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Kontekstual, Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3301 Pengajaran dan Staf Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Sep 2016 08:14
Last Modified: 02 Sep 2016 08:14
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item View Item