PENGEMBANGAN EMOSI MELALUI PROGRAM BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK NOL BESAR RA DIPONEGORO PEKIRINGAN PURBALINGGA

Rafika, Nur Azizah (2020) PENGEMBANGAN EMOSI MELALUI PROGRAM BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK NOL BESAR RA DIPONEGORO PEKIRINGAN PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RAFIKA NUR AZIZAH_PENGEMBANGAN EMOSI MELALUI PROGRAM BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK O BESAR RA DIPONEGORO PEKIRINGAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan emosi melalui program sehari bercerita pada anak di RA Diponegoro Pekiringan Kecamatan Karangmoncol Kabupaten Purbalingga. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini guru, kepala sekolah dan siswa. Sedangkan obyek dalam penelitian ini, pengembangan emosi melalui program sehari bercerita pada anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Sedangkan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan Triangulasi berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menjelaskan tentang pengembangan emosi melalui program sehari bercerita pada anak meliputi buku cerita sebagai media yang digunakan untuk meneliti. Untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada anak yang perlu dilakukan dengan berbagai macam cara salah satunya yaitu, metode berita. Dalam program ini beberapa manfaat untuk meningkatkan kecerdasan emosinya seperti: (1) Melatih daya serap atau daya tangkap anak. (2) Melatih daya fikir anak. (3) melatih daya konsentrasi anak. (4) Mengembangkan daya imajinasi anak. (5) Menciptakan situasi yang menggembirakan serta mengembangkan suasana hubungan yang akrab sesuai dengan tahap perkembangannya. Saran yang diberikan supaya guru hendaknya memfasilitasi proses belajar dengan melengkapi sarana dan prasarana yang dibutuhkan dan metode yang digunakan dalam kegiatan perkembangan harus dapat dipahami oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Perkembangan Emosi, dan Program Bercerita
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Methods of Instruction and Study > 371.36 Project Methods
400 Language > 407 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Rafika Nur Azizah
Date Deposited: 24 Feb 2021 07:03
Last Modified: 24 Feb 2021 07:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9705

Actions (login required)

View Item View Item