METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS

NGAFIF MAJID ABDULLAH, NIM. 1223301117 (2016) METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH ISLAMIYAH KEBARONGAN KEMRANJEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img] Text
NGAFIF MAJID ABDULLAH_METODE PENGEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYAH WATHONIYAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas dalam Pelaksanaan program kegiatan belajar di dalam sekolah ataupun di luar sekolah salah satunya menggunakan metode pengembangan sosial emosional, yaitu melalui bernyanyi, diskusi kelompok, bermain kooperatif, keteladanan, tadabur alam, program peduli orang lain, peduli lingkungan, disiplin, kegiatan rutin atau pembiasaaan-pembiasaan seperti berdo’a sebelum dan sesudah memulai kegiatan belajar, pembiasaan hafalan al-qur’an, juz 30 di pagi hari sebelum memulai kegiatan belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang mengkaji tentang metode pengembangan sosial emosional anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Rumusan maslah penelitian ini adalah “ Bagaimana Metode Pengembangan Sosial Emosional Anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas ?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pengembangan sosial emosional anak yang dilakukan oleh guru di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Wathoniyah Islamiyah Kebarongan. Subjek penelitian ini adalah guru kelas I B, sedangkan objek penelitian adalah metode pengembangan sosial emosional anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan Kemranjen Banyumas. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian yang dilakukan yaitu mengenai metode pengembangan sosial emosional anak di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan meliputi tiga tahap, yang pertama yaitu tahap persiapan meliputi penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran dan rencana kegiatan harian yang sudah terjadwal. Kedua adalah tahap pelaksanaan, yaitu meliputi kegiatan pelaksanaan metode pengembangan sosial emosional di MI Wathoniyah Islamiyah Kebarongan sementara ada enam metode yang digunakan, yaitu mencakup pengelompokan anak, bermain kooperatif, bercerita, bernyanyi, belajar berbagi (sharing), dan kegiatan rutin atau pembiasaan. Ketiga adalah tahap evaluasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pengembangan, Sosial Emosional
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3203 Metodologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Restu Umar Fauzi
Date Deposited: 02 Sep 2016 07:40
Last Modified: 02 Sep 2016 07:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/970

Actions (login required)

View Item View Item