MANAJEMEN KEMITRAAN WARALABA SEKTOR FARMASI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Apotek K-24 Kabupaten Banyumas)

Lina Mufidah, 102323058 (2016) MANAJEMEN KEMITRAAN WARALABA SEKTOR FARMASI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Di Apotek K-24 Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover, BabI, V, Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lina Mufidah_102323058.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam pembuatan apotek franchise yang menerapkan sistem jaringan seperti yang digunakan oleh sistem Mart. Secara teknis berbeda dari bisnis yang lainnya, bisnis apotek membutuhkan manajemen khusus karena diferensiasi serta spesifikasi produknya yang kuat pada produk kesehatan, khususnya obat. Apotek K-24 sebagai pelopor apotek jaringan waralaba yang menginspirasi pasar melalui pertumbuhan bisnisnya yang cepat dan besar dalam pengembangan bisnisnya, memiliki konsep bisnis apotek yang unggul dan sudah terbukti, dari lima jaminan pasti yang diberikan oleh Apotek K-24.Selain itu, usaha Apotek K-24 juga mendapatkan banyak penghargaan dari tahun ke tahun. Persoalan yang akan dikaji adalah bagaimana Apotek K-24 dalam menerapkan manajemen kemitraan berdasarkan perpekti Ekonomi Islam. Dianalisis menggunakan analisis SWOT, yakni yang nantinya akan memberikan alternatif rencana dan strategi pada waralaba Apotek K-24. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari subjek penelitian seperti, Pemberi waralaba Apotek K-24 dengan Penerima waralaba Apotek K-24 Dalam pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode penelitian kualitatif, yang dimaksudkan untuk mendeskripsikan suatu situasi atau kondisi yang bersifat fakta.serta menggunakan analisis SWOT. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil secara umum bahwa Manajemen Kemitraan waralaba yang dilakukan oleh Apotek K-24 yang ada di wilayah Banyumas dengan pemilik waralaba Apotek K-24 telah melaksanakan proses manajemen dengan baik dan sesuai Standar Operasional Prosedur K-24. Aspek kemitraan usaha yang dijalankan berdasarkan perspektif ekonomi Islam, pada bentuk operasionalnya serupa dengan bentuk syirkah abdan. Dalam hal ini apotek K-24 memberikan kontribusi berupa keahlian yang dimiliki dan hal lain sesuai kesepakatan. Dari alternatif rencana dan strategi yang tepat untuk diaplikasikan pada Apotek K-24 melalui pendekatan analisis SWOT, salah satunya memaksimalkan strategi yang telah dijalankan ‘5 jaminan pasti’ yang ditawarkan Apotek K-24 agar lebih optimal. Kata kunci: Manajemen Kemitraan, Waralaba, Ekonomi Islam, Analisis SWOT, Apotek K-24

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 334 Cooperatives
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Indah Wijaya Antasari
Date Deposited: 02 Jun 2016 05:33
Last Modified: 02 Jun 2016 05:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/97

Actions (login required)

View Item View Item