INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBANGUN RELIGIUS CULTURE DI SMK SWAGAYA 1 PURWOKERTO

Isnan, Fitriana (2021) INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBANGUN RELIGIUS CULTURE DI SMK SWAGAYA 1 PURWOKERTO. Masters thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Isnan Fitriana_INTERNALISASI NILAI-NILAI KARAKTER .pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Berbagai penyimpangan yang dilakukan oleh generasi muda di negeri ini sangat dikhawatirkan. Maka dari itu penting untuk dicarikan solusi dan penindakannya. Dihadapkan pada fakta seperti itu, SMK Swagaya 1 Purwokerto selain dengan menggunakan pembelajaran di kelas, juga menginternalisasikan nilai-nilai karakter melalui kegiatan pendidikan diluar jam pelajaran sekolah, yaitu melalui kegiatan ekstrakurikuler yang dalam pelaksannnya diwajibkan oleh pihak sekolah yaitu kegiatan pramuka ambalan Jendral Soedirman dan Dewi Sartika. Pendidikan kepramukaan menjadi alternatif untuk membina peserta didik yang beragama dan berkarakter. Pihak sekolah beserta siswa pengurus ekstrakurikuler kepramukaan merancang berbagai aktivitas sehari-hari bagi peserta didik di sekolah dalam menginternalisasikan nilai-nilai karakter untuk membangun budaya keagamaan (religius culture). Adapun yang menjadi tujuan khusus dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter pada kegiatan kepramukaan dalam membangun religius culture di Gugus depan Jendral Soedirman dan Dewi Sartika SMK Swagaya 1 Purwokerto. Penulis menggunakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penyajian data dilakukan secara deskriptif dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Miles dan Huberman, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data dan menyajikan data. Hasil penelitian menunjukkan adanya internalisasi nilai-nilai karakter pada kegiatan kepramukaan pada latihan rutin maupun kegiatan terprogram melalui tahap transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Agar internalisasi nilai-nilai karakter yang telah dijalankan pada kegiatan pramuka menjadi wujud religius culture di keseharian sekolah, maka pihak sekolah menggunakan power strategy, persuasive strategy dan normative re-educative. Sebagai hasil akhirnya adalah terbentuklah wujud religius culture dalam tiga tataran yaitu tataran nilai, tataran praktik dan tataran simbol-simbol budaya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: internalisasi, nilai-nilai karakter, kegiatan kepramukaan, religius culture
Subjects: 2x0 Islam (Umum) > 2x0.3 Islam dan Ilmu Sosial
2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Isnan Fitriana
Date Deposited: 24 Feb 2021 04:31
Last Modified: 24 Feb 2021 04:31
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9693

Actions (login required)

View Item View Item