PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PATIKRAJA

Bintang Septi, Pangestika (2021) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PATIKRAJA. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Bintang Septi P_Pengaruh Kebiasaan Belajar terhadap Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Patikraja.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dimiliki siswa dalam belajar matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan representasi matematis yaitu cara belajar yang dimiliki siswa. Cara belajar merupakan komponen dari kebiasaan belajar. Untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa yaitu dengan memiliki kebiasaan belajar yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Patikraja. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Patikraja yang berjumlah 180 siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan didapat sampel yang berjumlah 125 siswa. Pengumpulan data yang digunakan yaitu instrumen angket dan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Patikraja. Hal tersebut ditunjukkan dengan besarnya nilai sig. < 0,05 dan nilai koefisien determinasi yang didapat sebesar 0.079 yang artinya bahwa terdapat pengaruh kebiasaan belajar terhadap kemampuan representasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Patikraja sebesar 7,9% sedangkan sisanya 92,1% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun persamaan regresi linear sederhana yang terbentuk yakni Y ̂=5,950+0,052X. Persamaan ini menyatakan bahwa setiap penambahan 1 unit X maka nilai Y ̂ bertambah sebesar 0,052.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebiasaan Belajar, Kemampuan Representasi, Matematika
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Bintang Septi Pangestika sdr
Date Deposited: 23 Feb 2021 10:46
Last Modified: 23 Feb 2021 10:46
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9655

Actions (login required)

View Item View Item