STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

Nuriyah Fathul Jannah, 1123305017 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB) | Preview
[img] Text
NURIYAH FATHUL JANNAH_STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Startegi pembelajaran merupakan hal penting yang perlu diperhatikan, disiapkan, dan dilaksanakan oleh guru ketika proses pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) dilaksanakan. Karena strategi pembelajaran mempunyai pengaruh terhadap hasil dari pembelajaran itu sendiri, apabila strategi yang digunakan tepat, maka hasil yang dicapai akan maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang penerapan strategi pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor tahun pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor. Subjek penelitian adalah guru kelas II. Sedangkan, objek penelitian adalah strategi pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Metode penelitian yang digunakan untukpengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa guru MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor kelas II telah menerapkan beberapa macam strategi yang efektif dan variatif dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Macam-macam strategi aktif seperti Information Search, Reading Guide,Cross Word (Teka-Teki Silang), dan Strategi Pembelajaran Ekspositori. Adapun langkah-langkah yang digunakan guru sudah sesuai dengan teori yang ada dan penerapan strategi pembelajaran tersebut juga disesuaikan dengan karakter dan siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 01 Sep 2016 06:44
Last Modified: 01 Sep 2016 06:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/964

Actions (login required)

View Item View Item