ANALISIS ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT

Anam, Hasbulloh (2021) ANALISIS ASESMEN PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK PUTRA HARAPAN PURWOKERTO BARAT. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Anam Hamdan Hasbulloh_Analisis Asesmen Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus di TK Putra Harapan Purwokerto Barat.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Asesmen perkembangan anak usia dini merupakan kegiatan yang penting dilakukan untuk mengumpulkan dan menganalisis data mengenai perkembangan anak yang selanjutnya akan digunakan untuk kebutuhan pembelajaran di PAUD. Ketidakpahaman guru terhadap aspek-aspek perkembangan dapat menghambat dan menyebabkan kesulitan dalam pelayanan pendidikan yang berimplikasi pada perkembangan akademik anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara jelas dan mendalam bagaimana asesmen perkembangan anak anak berkebutuhan khusus yang diterapkan di TK Putra Harapan Purwokerto Barat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian di TK Putra Harapan Purwokerto Barat. Dengan subjek penelitian kepala sekolah dan wali kelas. Objek penelitian adalah asesmen perkembangan anak berkebutuhan khusus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan analisis data yang digunakan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan asesmen perkembangan anak anak berkebutuhan khusus yang diterapkan di TK Putra Harapan Purwokerto Barat Kabupaten Banyumas. Penelitian ini berisi proses asesmen antara lain perecanaan, pelaksanaan, dan penilaian, lalu laporan perkembangan anak, dan juga hasil asesmen. Perencanaan adalah proses menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk melakukan asesmen, seperti pembuatan instrumen dan RPPI. Pelaksanaan asesmen adalah proses mengamati dan mendokumentasikan aktivitas anak berdasarkan 6 aspek perkembangan. Penilaian asesmen dilakukan berdasarkan pengamatan yang dilakukan saat pelaksanaan asesmen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asesmen Perkembangan, Anak Berkebutuhan Khusus, Anak Usia Dini.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.346 Sekolah Luar Biasa (Difabel)
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.9 Special Education (Difables)
300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.1 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Anam Hamdan Hasbulloh sdr
Date Deposited: 23 Feb 2021 04:37
Last Modified: 23 Feb 2021 04:37
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9612

Actions (login required)

View Item View Item