PENERAPAN KONSELING REALITAS TERHADAP PELANGGARAN DISIPLIN SEKOLAH (STUDI KASUS TERHADAP TIGA SISWA SMK MA'ARIF NU 02 BANTARKAWUNG)

Novia, Firda Mailil Haq (2021) PENERAPAN KONSELING REALITAS TERHADAP PELANGGARAN DISIPLIN SEKOLAH (STUDI KASUS TERHADAP TIGA SISWA SMK MA'ARIF NU 02 BANTARKAWUNG). Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
NOVIA FIRDA MAILIL HAQ _PENERAPAN KONSELING REALITAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Layanan konseling sebagai bagian inti kegiatan bimbingan dan konseling memiliki sasaran kerja membantu menyelesaikan berbagai persoalan yang dialami klien. Proses konseling merupakan dialog yang melibatkan dua orang, konselor dan klien. Dalam pelaksanaan konseling agar bisa mencapai efektifitas yang diharapkan dibutuhkan penggunaan pendekatan pemecahan masalah secara eklektif. Sebagai suatu pendekatan, konseling realitas memiliki pandangan dasar mengenai hakikat manusia, prinsi-prinsip, tahap-tahap, teknik-teknik konseling yang harus dipedomani dan dilaksanakan konselor dalam membantu klien mencapai perubahan yang diinginkan. Dalam aplikasinya konseling realitas lebih mengedepankan pada tingkah laku saat ini klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konseling realitas terhadap pelanggaran disiplin sekolah. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan dua subjek yaitu Ibu Mutia Zahro Isnaeni dan Ibu Fiki Fia selaku guru pembimbing di SMK Ma’arif NU 02 Bantarkawung. Objek penelitian berupa penerapan konseling realitas terhadap pelanggaran disiplin sekolah. Data diperoleh melalui sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Konseling individual dengan menggunakan pendekatan realitas terhadap tiga siswa pelanggar disiplin sekolah dilakukan melalui lima tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap tindakan dan pelaksanaan, tahap pengamatan, reflekasi dan evaluasi konseling. Hasil konseling yang dilakukan adalah perilaku dan pemikiran negatif siswa mengalami perubahan dengan diberikan konseling realitas. Kata Kunci: Konseling Realitas dan Disiplin Sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konseling Realitas, Disiplin Sekolah
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.3305 Disiplin Sekolah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah > 2x7.332 Aliyah
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Sdri Novia Firda Mailil Haq
Date Deposited: 20 Feb 2021 17:42
Last Modified: 20 Feb 2021 17:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9563

Actions (login required)

View Item View Item