NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA'LIM AL-MUTA'ALLIM KARYA BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI DAN RELEVANSINYA DENGAN ANAK USIA DINI

Ali, Trisnawati (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA'LIM AL-MUTA'ALLIM KARYA BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI DAN RELEVANSINYA DENGAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALI TRISNAWATI_NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB TA'LIM AL-MUTA'ALLIM KARYA BURHANUDDIN AZ-ZARNUJI DAN RELEVANSINYA DENGAN ANAK USIA DINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan akhlak merupakan prinsip dasar dan keutamaan moral, sikap serta watak (tabiat) yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh setiap manusia. Pendidikan akhlak sangatlah penting untuk diberikan kepada anak usia dini, karena saat usia dini adalah waktu yang tepat untuk memberikan rangsangan yang positif kepada anak. Anak usia dini sebagai generasi penerus bangsa yang harus mempunyai pondasi dasar akan pendidikan akhlak. Oleh sebab itu perlu adanya pendidikan akhlak yang digalakan untuk masyarakat Indonesia untuk menjadi manusia yang beradab. Salah satu kitab yang mengkaji tentang pendidikan akhlak adalah kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhānuddīn Az-Zarnūjī. Tujuan dilakukannya penelitian ini yaitu untuk: (1) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhānuddīn Az-Zarnūjī, (2) untuk menganalisis relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhānuddīn Az-Zarnūjī dengan anak usia dini. Adapun jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Dalam proses teknik analisis data penulis menggunakan metode analisis dokumen atau content analysis. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhānuddīn Az-Zarnūjī meliputi: (1) Nilai pendidikan akhlak kepada Allah meliputi: menauhidkan, bersyukur, takwa, berdoa, tawakal, (2) Nilai pendidikan akhlak kepada diri sendiri meliputi: sabar, tawadu, iffah, wara’, bekerja keras, (3) Nilai pendidikan akhlak kepada sesama meliputi: berbakti kepada orang tua, guru, serta ilmu, bersikap pemaaf dan penyayang, musyawarah. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’līm Al-Muta’allim karya Burhānuddīn Az-Zarnūjī memiliki relevansi dengan anak usia dini dalam aspek perkembangan anak usia dini, yaitu meliputi: aspek nilai agama dan moral, aspek sosial emosional, aspek perkembangan kognitif, serta aspek perkembangan bahasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Ta’līm Al-Muta’allim, Anak Usia Dini
Subjects: 2x5 Akhlak dan Tasawuf > 2x5.1 Akhlak
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sdri Ali Trisnawati
Date Deposited: 19 Feb 2021 08:51
Last Modified: 19 Feb 2021 08:51
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9543

Actions (login required)

View Item View Item