PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR PONDOK PESANTREN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs PLUS NURURROHMAH KABUPATEN KEBUMEN

Wildan, Abadi (2021) PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR PONDOK PESANTREN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs PLUS NURURROHMAH KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
WILDAN ABADI_PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR PONDOK PESANTREN TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTs PLUS NURURROHMAH KABUPATEN KEBUMEN.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang dimiliki oleh siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis yaitu lingkungan belajar pondok pesantren. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa harus memiliki lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar pondok pesantren terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas VIII MTs Plus Nururrohmah Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian survei. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan instrumen tes. Angket berupa kumpulan pernyataan untuk mengukur lingkungan belajar pondok pesantren, sedangkan tes untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 232 siswa dengan sampel yang diambil sebanyak 147 siswa berdasarkan rumus Slovin. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh lingkungan belajar pondok pesantren terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa Kelas VIII MTs Plus Nururrohmah Kabupaten Kebumen sebesar 3,5% sedangkan 96,5% dipengaruhi oleh variabel lain. Kata kunci : Lingkungan Belajar Pondok Pesantren, Kemampuan Komunikasi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Belajar Pondok Pesantren, Kemampuan Komunikasi Matematis.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.341 Pesantren
500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics > 510.7 Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Sdr Wildan Abadi
Date Deposited: 19 Feb 2021 15:58
Last Modified: 19 Feb 2021 15:58
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item View Item