PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS IIA MI MA'ARIF NU AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS

Ahmad, Rofi'udin (2021) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI KELAS IIA MI MA'ARIF NU AJIBARANG KULON KECAMATAN AJIBARANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AHMAD ROFI'UDIN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
AHMAD ROFI'UDIN NIM 1323310051.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran terkait dengan bagaimana membelajarkan siswa dan bagaimana membuat siswa dapat belajar dengan mudah dan didorong oleh kemaunya sendiri untuk mempelajari apa yang teraktualisasikan dalam kurikulum sebagai kebutuhan peserta didik. Dalam hal ini, guru diharuskan menggunakan strategi dalam pembelajaran yang bertujuan untuk lebih memudahkan proses dan hasil pembelajaran sehingga apa yang telah direncanakan bisa diraih dengan sebaik dan semudah mungkin. Pada kegiatan Pembelajaran Fiqih, kegiatan yang dilakukan adalah malalui kegiatan bimbingan, pengajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. Untuk kegiatan tersebut guru harus melakukan pembelajran aktif dan harus menerapkan strategi yang cocok dalam pembelajaran Fiqih. Apakah strategi yang harus digunakan oleh guru? Bagaimana proses penerapannya dikelas? Bagaimana strategi pembelajaran aktif dalam pembelajaran fiqih dapat diterapkan? Jenis penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan ang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalah MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas. Dengan Objek meliputi guru kelas IIA, dan siswa kelas IIA. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Deskripsi data dalam penelitian ini yaitu menguraikan berbagai macam aspek pembelajaran aktif dan bagaiman cara menerapkannya dalam pembelajaran Fiqih di kelas IIA dengan peneliti menggunakan analisis data yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini peneliti akan menyajikan aspek-aspek pembelajaran aktif yang digunakan guru dalam pembelajaran Fiqih di kelas IIA beserta penerapannya. Hasil Penelitian menunjukan bahwa startegi pembelajaran aktif yang digunakan dalam pembelajaran Fiqihdi MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas adalah Full Class Learning, Class Discussion, Question Prompting, Collaborative Learning, Peer Teaching, Independent Learning, Affective Learning dan Skill Development.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, pembelajaran Fiqih
Subjects: 2x4. Fiqih > 2x4.1 Ibadah > 2x4.12 Shalat
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ahmad Rofi'udin sdr
Date Deposited: 20 Feb 2021 17:40
Last Modified: 20 Feb 2021 17:40
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9524

Actions (login required)

View Item View Item