Desain Komunikasi Visual Dakwah pada Poster Digital Instagram @MuslimDesignerCommunity (Studi Analisis Semiotika Charles Shanders Pierce)

Noviarni Isnaeni, Rahajeng (2021) Desain Komunikasi Visual Dakwah pada Poster Digital Instagram @MuslimDesignerCommunity (Studi Analisis Semiotika Charles Shanders Pierce). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Noviarni Isnaeni Rahajeng_Desain Komunikasi Visual Dakwah pada Poster Digital Instagram @muslimdesignercommunity (Studi Analisis Semiotika Charles Shanders Pierce).pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (935kB) | Preview

Abstract

Berdakwah di era digital menjadi suatu tantangan tersendiri bagi mereka umat muslim yang hidup sebagai generasi milenial saat ini. Dengan penuh kretivitas melalui penggunaan teknlogi media yang ada membuat semua menjadi lebih terpacu untuk mengembangkan dakwah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Dakwah melalui poster digital menjadi salah satu pilihan bagi mereka insan muda yang aktif berselancar di media sosial internet, seperti contohnya instagram sebagai media penyebaran poster digital tersebut. Tentulah poster digital tersebut di dalamnya sarat menggandung pesan-pesan dakwah. Pesan-pesan dakwah ini dikemas melalui bentuk komunikasi visual. Komunikasi visual disini merupakan serangkaian proses penyampaian informasi pesan dakwah kepada pihak lain dengan penggunaan media penggambaran yang hanya terbaca oleh indra penglihatan. Didalam komunikasi tersebut banyak digunakan kombinasi seni, desain grafis, ilustrasi, dan warna yang penuh keindahan/ estetik. Salah satu komunitas terbesar yang memanfaatkan poster digital sebagai media dakwah di Instagram yaitu Muslim Designer Community. Mereka menggandeng desainer grafis diseluruh nusantara untuk bersama berbagi kesalihan sosial. Oleh karenannya, dalam penelitian ini akan diulas mendalam mengenai pesan dakwah dalam poster menggunakan analisis Teori Semiotika Charles Shanders Pierce. Dimana hasilnya nanti akan diketahui unsur ikon, indeks, dan simbol dan isi pesan yang ingin disampaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dakwah, Komunikasi Visual, Semiotika Charles Shanders Pierce.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.24 Metode, Media dan Sarana Dakwah
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.2 Dakwah > 2x7.26 Komunikasi Dakwah
700 The arts > 760 Graphic arts Printmaking and prints
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Sdri Noviarni Isnaeni Rahajeng
Date Deposited: 18 Feb 2021 05:33
Last Modified: 18 Feb 2021 05:33
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item View Item