PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP MA’ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Umun, Fajariyah (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP MA’ARIF NU 1 CILONGOK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengarang_Judul.pdf

Download (36MB) | Preview

Abstract

Sekolah sebagai lembaga pendidikan formal tentu menginginkan semua siswanya memiliki hasil belajar yang bagus. Hasil belajar yang bagus menjadi tolak ukur keberhasilan pembelajaran yang dilakukan. Ada banyak upaya yang dilakukan sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah dengan memberikan motivasi belajar pada para siswa. Diantara lembaga pendidikan formal yang ada di Kecamatan Cilongok yaitu SMP Ma’arif NU 1 Cilongok merupakan salah satu sekolah swasta yang memiliki jumlah peserta didik yang tinggi. Dengan jumlah peserta didik yang lumayan tinggi tersebut, belum tentu akan menjamin semua peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan baik seperti apa yang diharapkan. Salah satu pembelajaran yang kurang menarik minat belajar siswa adalah Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal itu dapat dilihat dari banyaknya siswa yang lebih banyak berbicara sendiri atau melakukan kegiatan lain selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswamata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif Nu 1 Cilongok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa-siswi SMP Ma’arif NU 1 Cilongok yang berjumlah 703 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, pengambilan sampel yang dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada pada populasi tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh motivasibelajar siswa terhadaphasil belajar siswamata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP Ma’arif Nu 1 Cilongok. Besarnya pengaruh motivasi belajar siswaterhadap prestasi belajar siswamata pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti dilihat dari koefisien determinsasi Rsquare sebesar0,821, yang berarti bahwa motivasi belajar siswa berpengaruhterhadap hasil belajar siswa sebesar 82,1% sedangkan sisanya 17,9 % dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : motivasi belajar, hasil belajar, PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 001 Knowledge
100 Philosophy and psychology > 150 Psychology
Depositing User: Lela Setyowati sdr
Date Deposited: 17 Feb 2021 04:36
Last Modified: 17 Feb 2021 04:36
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9491

Actions (login required)

View Item View Item