SELF DISCLOSURE ORANGTUA SISWA SLOW LEARNER DI SDN 1 TANJUNG KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Fia, Ma'rifah (2021) SELF DISCLOSURE ORANGTUA SISWA SLOW LEARNER DI SDN 1 TANJUNG KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
FIA MA’RIFAH_SELF DISCLOSURE ORANGTUA SISWA SLOW LEARNER DI SDN 1 TANJUNG KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SDN 1 Tanjung Kecamatan Purwokerto Timur merupakan salah satu SD inklusi yang ada di kabupaten Banyumas.Di SDN 1 Tanjung mempunyai siswa regular dan siswa ABK termasuk siswa slow learner. Siswaslow learner merupakan salah satu anak berkebutuhan khusus (ABK) yang tidak dapat di kenali dari penampilan fisiknya. Anak slow learner merupakan anak yang mengalami lamban belajar atau keterlambatan dalam belajar, memiliki prestasi belajar yang rendah atau di bawah rata-rata anak pada umumnya tapi tidak tergolong anak yang mempunyai keterbelakangan mental. Kebanyakan dari anak slow learner mempunyai skor IQ antara 76-89. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui self disclosure (keterbukaan) orangtua siswa slow learner yang ada di SDN 1 Tanjung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan berupa data kualitatif yang berupa data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Data-data yang sudah terkumpul kemudian di analisis dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian self disclosure orangtua siswa slow learner yang ada di SDN 1 Tanjung orangtua siswa slow learner di SDN 1 Tanjung ada orangtua siswa slow learner yang melakukan self disclosure dan ada orangtua siswa slow learner yang tidak melakukan self disclosure. Orangtua siswa slow learner di SDN 1 Tanjung yang melakukan self disclosure dengan prosentase 80%. Adanya kesesuaian orangtua siswa slow learner yang melakukan self disclosure dengan aspek-aspek self disclosure yang terdiri dari lima aspek, yaitu ketepatan, motivasi, waktu, keintensifan dan kedalaman dan keluasan. Orangtua siswa slow learner yang tidak melakukan self disclosure dengan data menunjukkan bahwa salah satu orangtua siswa slow learner mengatakan tidak ada saling cerita tentang anaknya pada oranglain. Tingkatan self disclosure pada orangtua siswa slow learner yaitu pada tingkat menyatakan gagasan atau pendapat hanya kepada teman atau orang yang sudah orangtua siswa slow learner kenal. Ke dua pada tingkat adanya perasaan yaitu kepada guru dan orang-orang yang orangtua siswa slow learner percaya. Ke tiga pada tingkat hubungan puncak yaitu kepada keluarga dan orang-orang terdekat orangtua siswa slow learner. Kata Kunci: Self Disclosure, Keterbukaan, Slow Learner, Lamban Belajar, Orangtua Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Self Disclosure, Keterbukaan, Slow Learner, Lamban Belajar, Orangtua Siswa.
Subjects: 2x6 Sosial dan Budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam > 2x6.13 Interaksi Sosial
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3208 Peserta Didik
300 Social sciences > 306 Culture and institutions > 306.85 Family (Keluarga)
Divisions: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fia Ma'rifah sdr
Date Deposited: 17 Feb 2021 02:56
Last Modified: 17 Feb 2021 02:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9467

Actions (login required)

View Item View Item