METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA

Nuriyatul, Fatkhul Janah (2021) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENURUT PEMIKIRAN KI HAJAR DEWANTARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_BAB I_BAB V_Daftar Pustaka.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nuriyatul Fatkhul Janah_Metode Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Pemkiran Ki Hajar Dewantara.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui gagasan Ki Hajar Dewantara tentang Metode Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Pendekatan studi tokoh. Teknik pengumpulan data dikumpulkannya karya tokoh mengenai yang sedang diteliti, ditelusuri karya-karya orang lain mengenai tokoh dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif, interpretasi dan induksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Menurut Ki Hajar Dewantara selaku Bapak Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan untuk anak usia dini diberikan kepada anak sejak usia nol sampai usia tujuh tahun dengan menekankan bahwa dalam pembelajaran PAUD bersifat alamiah seperti Taman dan tidak dicabut dengan lingkungan keluarga dan dunia bermainnya. Ki Hajar Dewantara juga menjelaskan prinsip-prinsip dalam pembelajaran PAUD berdasarkan pada Panca Dharma yaitu prinsip kemerdekaan, prinsip kebangsaan, prinsip kebudayaan, prinsip kemanusiaan dan prinsip kodrat alam. Dan dalam proses pembelajaran juga terdapat tiga lingkungan yang sangat mendukung terlaksananya kegiatan pembelajaran yaitu, alam keluarga, alam perguruan dan alam pemuda atau masyarakat. Metode pembelajaran yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara adalah metode among dan metode sariswara. Metode among adalah metode dimana anak diberi kebebasan tapi seorang pamong tetap mengamati dan membimbing anak selagi tidak ada bahaya yang mengancam. Metode among bisa diterapkan pada proses kegiatan pembelajaran dari awal sampai akhir kegiatan pembelajaran pada pendidikan anak usia dini. Dalam penerapannya pendidik bisa melakukan dengan memberi contoh kepada anak secara verbal maupun demonstrasi, memberi semangat, menasehati dan membimbing anak jika melakukan kesalahan. Sedangkan metode sariswara adalah metode mendidik anak dengan berkesenian yang menggabungkan antara lagu, sastra dan cerita dalam satu kesatuan untuk mengembangkan panca indra, gerakan fisik dan perasaan (cipta, rasa, karsa). Untuk penerapan metode sariswara pada anak usia dini adalah diisi dengan kegiatan tembang-tembang jawa, dolanan anak atau permainan tradisional. Seperti, tembang gundul-gundul pacul, tembang jaranan, tembang lir-ilir, tembang prahu layar, dan masih banyak lagi, itu untuk contoh tembang dolanan. Dan untuk contoh permainan tradisional seperti permainan sepur-sepuran. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Anak Usia Dini, Ki Hajar Dewantara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran Anak Usia Dini, Ki Hajar Dewantara
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Nuriyatul Fatkhul Janah sdr
Date Deposited: 16 Feb 2021 15:18
Last Modified: 16 Feb 2021 15:18
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9449

Actions (login required)

View Item View Item