PENGARUH PROGRAM ASRAMA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS VI DI MIN 1 BANYUMAS KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Latifatu, Zahroh (2021) PENGARUH PROGRAM ASRAMA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS VI DI MIN 1 BANYUMAS KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LATIFATU ZAHROH _ PENGARUH PROGRAM ASRAMA TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA KELAS VI DI MIN 1 BANYUMAS KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter diera sekarang menjadi salah satu program pemerintah untuk lebih meningkatkan kualitas dari lulusan pendidikan. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah berkaitan dengan kebijakan pendidikan nasional tahun 2010 tentang pendidikan karakter. Setidaknya terdapat delapan belas karakter yang coba dibangun oleh pemerintah demi menciptakan lulusan yang mampu berdaya saing. Kemandirian menjadi salah satu karakter dari delapan belas karakter tersebut. Program asrama sediri merupakan salah satu cara yang digunakan oleh beberapa lembaga pendidikan untuk meningkatkan kemandirian siswanya. Dengan adanya program asrama diharapkan siswa mampu untuk menempa dirinya untuk lebih mandiri baik itu mandiri secara tingkah laku maupun pemikiran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program asrama terhadap kemandirian siswa kelas VI di MIN 1 Banyumas. Dimana populasi dari penelitian ini berjumlah 124 siswa, sedangkan sampel untuk penelitian ini adalah 95 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode kuantitaif korelasional, dimana teknik pengumpulan datanya ialah dengan teknik kuesioner (angket). Analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh program asrama terhadap kemandirian siswa kelas VI di MIN 1 Banyumas sebesar 10,3 % dan diperoleh persamaan regresi yaitu Ŷ = 60,222 + 0,176 X. Persamaan regresi positif menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif program asrama terhadap kemandirian siswa kelas VI di MIN 1 Banyumas, dan dengan besarnya pengaruh program asrama sebesar 10,3% dapat dikatakan bahwa pengaruh dari program asrama cukup siginifikan terhadap kemandirian siswa kelas VI di MIN 1 Banyumas Kata Kunci : Program Asrama, Kemandirian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Program Asrama, Kemandirian.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Sdri Latifatu Zahroh
Date Deposited: 15 Feb 2021 10:03
Last Modified: 15 Feb 2021 10:03
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9422

Actions (login required)

View Item View Item