STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANG IKLAN RADIO MITRA FM PURWOKERTO

ANISA, KUSUMA WARNORI (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANG IKLAN RADIO MITRA FM PURWOKERTO. Skripsi thesis, IAIN PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ANISA KUSUMA WARNORI_STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PEMASANG IKLAN RADIO MITRA FM PURWOKERTO.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Radio merupakan salah satu unit usaha besar yang penuh persaingan mulai pada tahun 1920 hingga sekarang. Radio saling berkompetisi untuk memperebutkan pendengar dan pengiklan. Hal tersebut merupakan faktor penentu bertahannya radio hingga sekarang, dimana dituntut untuk bisa menarik pendengar dan pengiklan melalui strategi pemasaran dalam dunia bisnis, pemasaran merupakan langkah-langkah untuk memperkenalkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Pemasaran merupakan sarana yang paling efektif untuk menunjang tingkat penghasilan bagi setiap perusahaan. Salah satu langkah dalam bidang pemasaran adalah periklanan. Dari data penelitian ini adalah unuk mengetahui strategi pemasaran yang diterapkan oleh radion Mitra FM Puwokerto dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan, dan ntuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaan pada radio Mitra FM dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutya data yang diperoleh diolah secara deskriptif kualitatif model interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi pemasaran radio Mitra FM dalam meningkatkan jumlah pemasang iklan adalah menggunkan strategi pemasaran yang termasuk dalam bagian setiap elemen-elemen elemen bauran promosi yaitu: elemen periklanan,elemen hubungan masyarakat, elemen promosi penjualan, elemen penjualan personal, beberapa faktor yang mendukung dan menghambat strategi pemasaran yang telah di rencanakan faktor yang mendukung yaitu segmentasi acara dalam radio Mitra FM yang general (umum), kalangan pendegarnya dari semua usia sehingga dapat menarik minat pemasang iklan, dan mempunyai hubungan yang baik dengan berbagai pihak. faktor penghambat yakni persaingan dengan influencer lokal yang hanya menggunakan media sosial dengan harga yang sangat terjangkau Dengan kendati demikian membuat pihak radio Mitra FM lebih eksrtra lagi dalam mempertahankan pelanggan dan selalu berupaya untuk meningkatkan iklan menggandeng seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi melestarikan radio sebagai sarana informasi, hiburan dan edukasi Kata kunci : strategi pemasaran, radio, iklan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, radio, iklan
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 335 Socialism and related systems
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Anisa Kusuma Warnori sdr
Date Deposited: 15 Feb 2021 09:30
Last Modified: 15 Feb 2021 09:30
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9411

Actions (login required)

View Item View Item