PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Khotimatul Maulidah, Nim: 1223303018 (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KECAMATAN KROYA KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text
KHOTIMATUL MAULIDAH_PELAKSANAAN SUPERVISI KLINIS DI SD ISLAM PLUS MASYITHOH KECAMATAN KROYA KABUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)

Abstract

supervisi klinis mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan, diantaranya adalah membantu guru dalam meningkatkan keterampilan mengajar di kelas, membantu guru menganalisis dan mendiagnosis serta mencari alternatif pemecahan masalah yang sedang dihadapi guru. Dengan adanya supervisi klinis guru dapat menjadi guru yang berkualitas sehingga dapat mencetak siswa yang pandai dan berprestasi, karena Guru merupakan komponen yang sangat penting, guru sangat menentukan mutu pendidikan, maka pendidikan dan pembinaan guru pada semua jenjang pendidikan perlu ditingkatkan dan diselenggarakan secara terpadu untuk menghasilkan guru yang bermutu. Peran kepala sekolah sebagai supervisor terhadap kematengan profesional guru dilakukan dengan pelaksanaan supervisi klinis. Ketiga tahap dalam supervisi klinis yaitu tahap pertemuan awal, tahap observasi pembelajaran dan tahap pertemuan balikan. Ketiga tahap tersebut dapat berjalan baik apabila kerjasama antara supervisor dan guru baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah:“Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Klinis di SD Islam PlusMasyithoh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2015/2016?”.Penelitian yang dilakukan di SD Islam Plus Masyithoh Kroya bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan secara jelas dan mendalam tentang Pelaksanaan Supervisi Klinis oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kelas di SD Islam Plus Masyithoh Kroya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Milles dan Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa Pelaksanaan Supervisi Klinis di SD Islam PlusMasyithoh Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap dilakukan melalui tiga tahapanmeliputi Tahap pertemuan awal, Tahap observasi pembelajaran dan Tahap pertemuan balikan/tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru di kelas. Pelaksanaan Supervisi Klinis di SD Islam PlusMasyithoh Kroya tersebut telah berjalan dengan baik dan sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran guru saat kegiatan belajar mengajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, Guru, Kompetensi mengajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 30 Aug 2016 04:44
Last Modified: 30 Aug 2016 04:44
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/941

Actions (login required)

View Item View Item