MODEL PEMBINAAN AKUNTABILITAS GURU MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA

Anjar, Subekti (2016) MODEL PEMBINAAN AKUNTABILITAS GURU MI ISTIQOMAH SAMBAS PURBALINGGA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR ISI_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (246kB) | Preview
[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Model pembinaan akuntabilitas guru yaitu model atau contoh dari kegiatan pembinaan, yang dilaksanakan secara terencana, terus menerus, berkesinambungan, berkaitan dengan tugas-tugas guru, agar guru dapat mempertanggungjawabkan atas kinerjanya, sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pihak-pihak terkait terutama para atasan. Guru merupakan salah satu kunci mutu pada sebuah layanan pendidikan, guru diharapkan tidak hanya sebatas mengajar akan tetapi juga dapat mendidik sesuai dengan tujuan umum pendidikan yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal tersebut yang melatar belakangi skripsi ini. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah Bagaimana model pembinaan akuntabilitas guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga? Tujuan dari penelitian ini adalah penulis ingin mengetahui seperti apa model pembinaan akuntabilitas guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis lakukan dengan cara mengumpulkan seluruh data, mereduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini, model pembinaan akuntabilitas guru MI Istiqomah Sambas Purbalingga yaitu In house training; narasumber dari dalam madrasah, dikelola sendiri oleh madrasah. KKG (kelompok kerja guru); melalui KKG, berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam kegiatan pembelajaran bisa didiskusikan. Para guru satu sama lain dapat bertukar fikiran dan pengalaman, atau melakukan sharing melalui forum KKG. Selanjutnya Koordinasi periodik; tiap sepekan sekali. Seminar. Workshop, dan Pelatihan-pelatihan; baik di dalam madrasah atau di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembinaan, Akuntabilitas, Guru.
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Bustanul Atfal dan Madrasah Ibtidaiyah > 2x7.3201 Pengajaran dan Staf Pengajar
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Teachers and Teaching > 371.12 Professional Qualifications of Teacher
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:01
Last Modified: 29 Aug 2016 09:01
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item View Item