KONSEP PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH TANGGUNG JAWAB PENDIDIK DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM)

Wahyu Tuti, Martini (2021) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH TANGGUNG JAWAB PENDIDIK DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM). Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_ABSTRAK_DAFTAR_ISI_BAB__I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
WAHYU TUTI MARTINI_KONSEP PENDIDIKAN ISLAM ANAK USIA DINI MENURUT ABDULLAH NASHIH ULWAN (TELAAH TANGGUNG JAWAB PENDIDIK DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tanggung jawab pendidik terhadap pendidikan anak (usia anak secara umum) dan untuk mengidentifikasi tanggung jawab pendidik terhadap pendidikan anak (usia dini secara khusus) dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analitis. Adapun sumber primer dalam penelitian ini adalah kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Abdullah Nashih Ulwan. Sedangkan sumber sekunder adalah data-data primer yang berkaitan dengan obyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan mensurvey bahan kepustakaan (buku, jurnal dan kitab) dan dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode analisis isi (content analysis) Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Abdullah Nashih Ulwan di dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam. (1) Tanggung jawab pendidik terhadap pendidikan anak (usia anak secara umum) meliputi pendidikan iman, pendidikan akhlak, pendidikan fisik, pendidikan intelektual, pendidikan mental/psikis, pendidikan sosial dan pendidikan seks sangat penting ditanamkan kepada anak semenjak dini supaya dalam berproses dan bertumbuh anak mempunyai pondasi kehidupan yang kuat dan kokoh sesuai dengan aturan agama. (2) Tanggung jawab pendidik terhadap pendidikan anak (usia dini secara khusus), meliputi: pendidikan iman yakni menganjurkan adzan dan iqomat saat bayi lahir, pendidikan akhlak dengan dianjurkan menunjukkan suka cita dan mengucapkan selamat disaat seseorang bayi lahir, pendidikan intelektual dianjurkan mentahnik saat bayi lahir, pendidikan fisik dianjurkan mencukur gundul rambut bayi dan pendidikan mental/psikis dengan memberikan nama bayi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Tanggung Jawab Pendidik
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan Non Formal > 2x7.342 TPA dan TKA
800 Literature and rhetoric > 807 Education, research, related topics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Wahyu Tuti Martini sdr
Date Deposited: 13 Feb 2021 23:07
Last Modified: 13 Feb 2021 23:07
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9348

Actions (login required)

View Item View Item