METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBANG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS

ISNAENI RAKHMAWATI, NIM : 102331196 (2016) METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBANG KECAMATAN SUMBANG KABUPATEN BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (912kB) | Preview
[img] Text
ISNAENI RAKHMAWATI_METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 1 SUMBANG KECAMATAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kenyataan di lapangan banyak dijumpai peserta didik sering merasa bosan dan cenderung pasif mendengarkan uraian dari guru karena penyampaian materi pelajaran yang kurang menarik dan kurangnya komunikasi antara guru dan peserta didik dalam proses belajar mengajar sehingga mengakibatkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam selama ini sering dikenal dengan mata pelajaran yang hanya berisi tentang teori dan hafalan saja. Oleh karena itu sangat penting bagi seorang guru Pendidikan Agama Islam untuk menggunakan berbagai strategi, metode, media serta evaluasi pembelajaran yang bervariasi untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai, seperti yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sumbang Kecamatan Sumbang Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam dan peserta didik SMP Negeri 1 Sumbang. Obyek penelitiannya adalah metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guruPAI menggunakan berbagai strategi, metode, media serta evaluasi yang bervariasi dalam proses belajar mengajar. Seperti penggunaan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi yang dapat digunakan secara bergantian atau digabungkan. Media yang digunakan antara lain white board, spidol, alat peraga, media visual (gambar), audio (kaset/VCD Pembelajaran), audio visual, LCD dan overhead projector. Evaluasi pembelajaran yang dilakukan tidak selalu menunggu ujian akhir semester, namun dapat dilakukan kapan saja, misalnya pada awal, pada saat berlangsungnya pembelajaran dan setelah proses pembelajaran, tetapi untuk evaluasi formal biasanya diadakan ulangan harian. Bentuk evaluasi pembelajaran berupa tertulis (multiple choice, essay, uraian), lisan, unjuk kerja/praktek, dan ada juga evaluasi untuk materi tertentu berupa hafalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MetodePembelajaran, Pendidikan Agama Islam, SMP N 1 Sumbang
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:56
Last Modified: 29 Aug 2016 07:56
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/933

Actions (login required)

View Item View Item