PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) 1 DI SMK HKTI (HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESA) 2 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA

FIKA ANAMI, NIM. 1223308042 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN (TKJ) 1 DI SMK HKTI (HIMPUNAN KERUKUNAN TANI INDONESA) 2 PURWAREJA KLAMPOK BANJARNEGARA. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
Cover_Bab I_Bab V_Daftar Pustaka.pdf

Download (372kB) | Preview
[img] Text
FIKA ANAMI_PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)

Abstract

Latar belakang peneliitian ini adalah pentingnya penerapan strategi pembelajaran aktif agar peserta didik tidak mengalami kebosanan atau kejenuhan dalam mengikuti proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan demikian kelas menjadi hidup sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI TKJ 1 di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Banjarnegara. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk menyempurnakan dalam penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, subjek dari penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, peserta didik kelas XI TKJ 1, dan kepada sekolah di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Banjarnegara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI TKJ 1 di SMK HKTI 2 Purwareja Klampok Banjarnegara sudah berjalan sesuai langkah-langkah strategi pembelajaran aktif Team Quiz (Quiz Kelompok), Modeling the Way (Membuat Contoh Praktek), dan Everyone is a Teacher Here (Semua Bisa Jadi Guru) yang dikemukakan oleh Hisyam Zaini dkk dalam bukunya yang berjudul Strategi Pembelajaran Aktif dan berjalan lancar sesuai dengan yang rencana pelaksanaan pembelajaran yang dirancang oleh guru Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Aktif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 2x7 Filsafat dan Perkembangan > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aris Administrator Perpustakaan IAIN Purwokerto
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:42
Last Modified: 29 Aug 2016 07:42
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/930

Actions (login required)

View Item View Item