STRATEGI HUMAS DALAM MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN PADA PDAM "TIRTA SATRIA" BANYUMAS

Yuni, Wahyuningsih (2021) STRATEGI HUMAS DALAM MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN PADA PDAM "TIRTA SATRIA" BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto.

[img]
Preview
Text
COVER_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (625kB) | Preview
[img]
Preview
Text
YUNI WAHYUNINGSIH_STRATEGI HUMAS DALAM MENANGANI KOMPLAIN.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dalam menghadapi era globalisasi dalam bidang komunikasi dan bisnis, maka setiap perusahaan asing, nasional maupun negara masing-masing berusaha mengatur langkah dan strateginya untuk bisa memenangkan pasar yang menguntungkan baginya. Diterimanya suatu perusahaan oleh masyarakat atau tidak, disukainya produksi perusahaan itu oleh masyarakat atau tidak, semuanya tergantung pada hasil karya Humas. Dalam penelitian ini, masalah umum yang dikemukakan adalah bagaimana strategi Humas dalam menangani komplain pelanggan pada PDAM “Tirta Satria” Banyumas? Apa saja faktor penghambat dalam menangani komplain pelanggan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan faktor penghambat Humas dalam menangani komplain pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PDAM “Tirta Satria” Banyumas melakukan strategi Humas dalam menangani komplain pelanggan dengan cara mengidentifikasi masalah, tidak memandang ringan masalah, menentukan target sasaran informasi, menentukan strategi dan evaluasi. PDAM “Tirta Satria” Banyumas juga mengalami faktor penghambat dalam menangani komplain tersebut, yaitu : keterbatasan SDM, kurangnya komunikasi, kendala teknis, dan kurangnya sarana dan prasarana. Kata kunci: Humas, Komplain Pelanggan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Humas, Komplain Pelanggan
Subjects: 000 Generalities > 060 General organization and museology
500 Natural sciences and mathematics > 506 Organizations and management
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 651 Office services
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 652 Processes of written communication
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: yuni wahyuningsih
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:21
Last Modified: 08 Feb 2021 04:21
URI: http://repository.uinsaizu.ac.id/id/eprint/9271

Actions (login required)

View Item View Item